Detail Berita


Alat Berat Raksasa Yang Biasa Digunakan di Pertambangan


"Excavator Backhhoe"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 05-04-2020

duniatambang.co.id - Pertambangan skala besar membutuhkan sejumlah alat berat agar operasional bisa berjalan secara efisien dan efektif. Mesin-mesin berukuran raksasa pun dikerahkan. Namun setiap wilayah menggunakan alat yang berbeda-beda. Bahkan dalam sebuah areal tambang, bisa terdapat bermacam alat berat jika ternyata tambang itu dikelola lebih dari 1 perusahaan.

Berikut sejumlah alat berat dengan ukuran besar yang bisa dioperasionalkan di area pertambangan.

1. Bucket Wheel Excavator

BWE merupakan alat berat biasa ditemukan pada pertambangan terbuka. Fungsi dari mesin berukuran raksasa ini adalah untuk mengeruk atau menggali dengan skala sangat besar dan sistemnya bekerja secara terus menerus. Pada dasarnya fungsinya mirip dengan excavator umumnya, namun yang membedakan adalah adanya sejumlah bucket yang berada di setiap sisi rodanya.

Material yang dikumpulkan pada bucket-bucket itu nantinya akan dipindahkan melalui conveyor yang terdapat pada lengan BWE. Jadi mesin raksasa ini tidak hanya mampu mengumpulkan material, tetapi juga memindahkannya.

2. Drilling Machine

Seperti namanya, fungsi dari mesin ini adalah untuk melakukan pengeboran permukaan tanah. Nantinya, dari lubang yang dibuat itu akan dimasukkan peledak, sehingga material bisa tersembur keluar. Proses pengumpulan pun akan jauh lebih mudah, karena bagian dalam area tersebut sudah terbuka akibat proses peledakan.

3. Excavator & Dump Truck

Alat ini sangat cocok digunakan pada tambang terbuka. Tugasnya yaitu menggali material dengan menggali sebuah lubang secara vertikal. Penggunaan Excavator akan jauh lebih mudah, jika digunakan pada permukaan yang bersifat basah. Setelah melakukan penggalian, material akan dipindahkan ke Dump Truck. Kedua mesin ini biasanya dioperasionalkan secara bersama-sama.

Pada umumnya, ada tiga jenis excavator yang biasa digunakan, yakni Backhoe, Front Shovel, dan Dragline.

4. Belt Conveyor

Sementara belt conveyor merupakan mesin raksasa yang memiliki fungsi memindahkan material yang sudah diambil dari dalam tanah. Meski tidak memiliki kecepatan perpindahan yang cepat, namun karena bisa menampung material dalam jumlah banyak dan terus menerus, alat ini sangat efektif. Biasanya, penggunaannya digunakan untuk mengumpulkan material dari beberapa areal tambang yang berbeda, untuk kemudian ditaruh pada 1 drop point, dan kemudian diangkut menggunakan mesin lainnya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !