Detail Berita


Di Sini Tempat Terbaik Menjual Emas Batangan


"Gold Ingot"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 03-04-2020

duniatambang.co.id - Meski seperti terlihat sederhana, memilih investasi pada emas ternyata juga memerlukan siasat dengan perencanaan dan eksekusi yang matang. Terlebih, pada manajemen waktu, untuk menentukan kapan saat terbaik untuk melakukan penjualan dari emas yang sudah kita miliki. Meski belakangan harga emas terus melonjak, bahkan diprediksi mencapai Rp 1 juta per gramnya, Anda harus bisa menentukan waktu kapan menjualnya.

Beberapa orang, mengatakan ada patokan waktu terbaik untuk menjual kembali aset emas yang sudah dimiliki. Profit dianggap sudah mencukupi, ketika harga sudah naik di atas 10 persen dari harga saat membeli emas tersebut. Jadi ketika dihitung malah melebih angka 10 persen, maka akan lebih baik lagi. Lalu, setelah mengetahui kita telah mendapat profit, di mana tempat terbaik untuk menjual emas?

1. Kantor dan Butik Antam

Tak hanya menerima pembelian, kantor pusat dan gerai butik milik Antam yang tersebar di beberapa kota, ternyata juga menerima penjualan dari konsumen. Terlebih, di tempat ini anda bisa menjual emas dengan harga yang bisa dibilang lebih tinggi jika menjual ke tempat lainnya. Rata-rata harga buyback yang dipatok sekitar 95% dari harga emas yang ada di pasaran.

2. Pegadaian

Pegadaian saat ini menjadi tempat paling umum bagi masyarakat untuk menjual kembali aset emas mereka. Sebab, Pegadaian memiliki banyak sekali cabang-cabang di tersebut di seluruh Indonesia. Proses transaksi aman dan terpercaya, serta harga yang dipatok juga tidak kalah dibandingkan dengan menjual ke kantor atau gerai Antam. Kelebihan lainnya, konsumen tak hanya bisa menjual emasnya, namun juga tersedia pilihan untuk melakukan transaksi gadai.

3. Bank Syariah

Yang membedakan Bank Syariah sebagai tempat menjual emas dibandingkan dengan lainnya adalah akad transaksinya. Bank Syariah menerapkan akad murabahah, sehingga harga bisa ditetapkan oleh kedua belah pihak, yakni konsumen dan pihak bank. Meski demikian ada beberapa syarat, salah satunya yakni berat minimal yang diterima adalah 10 gram.

4. POS Indonesia

Saat ini PT POS Indonesia juga melayani penjualan emas dari konsumen. Ini merupakan terobosan dari kerjasama antara PT POS Indonesia dengan PT Aneka Tambang. Selain memiliki cabang yang banyak dan mudah dijangkau, prosesnya pun juga memudahkan konsumen.

5. Toko Emas

Alternatif terakhir untuk melakukan penjualan emas yang anda miliki. Sebab, proses penjualan kembali ke toko emas yang biasa ada di pinggir jalan jauh lebih ribet. Belum lagi, harganya relatif rendah jika dibandingkan di tempat lain. Memang wajar, karena pemilik toko juga mencari profit tertinggi untuk usaha mereka. Yang perlu menjadi kewaspadaan adalah, jangan sampai emas yang hendak dijual, diuji oleh pihak toko dengan melakukan penggosokan. Tentu hal ini akan membuat emas mengalami penurunan kualitas.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !