Detail Berita


Menteri ESDM Baru Saja Terbitkan Aturan Perpanjangan Kontrak Tambang


"Coal Getting"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 02-04-2020

duniatambang.co.id – Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) baru saja menerbitkan aturan baru terkait perpanjangan kontrak usaha pertambangan. Ketentuan tersebut diterbitkan melalui Peraturan Menteri Nomor 7 Tahun 2020 mengenai Tata Cara Pemberian Wilayah, Perizinan, dan pelaporan pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Dalam pasal 111 dalam Permen tersebut bahwa Menteri dapat menetapkan ketentuan bagi pemegang IUPK Operasi Produksi sebagai lanjutan dari Kontrak Karya ataupun Perjanjian Karya Pertambangan Batubara (PKP2B).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, menuturkan Permen ini dimaksudkan untuk menjamin kepastian hukum, kepastian berusaha dan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan.

Dengan demikian, diharapkan para pengusaha bisa mengoptimalkan potensi sumber daya mineral dan batubara, peningkatan penerimaan Negara, dan pemenuhan kewajiban lingkungan hidup.

Selain itu, Pemerintah berharap melalui Permen ini dapat menjadi penyederhanaan birokrasi dan perizinan.

Ia mengatakan bahwa peraturan ini bukanlah hal yang baru, hal yang sama telah diatur dalam Permen ESDM Nomor 50/2018 Pasal 43A dan Permen ESDM Nomor 51/2018.

Agung menambahkan, Pihaknya tidak akan menerbitkan perpanjangan PKP2B menjadi IUPK OP dengan hanya dilandaskan pada ketentuan Pasal 111 Permen Esdm Nomor 7 Tahun 2020 ini. Melainkan berdasarkan ketentuan UU Nomor 4 Tahun 2009 dan regulasi yang telah ada sebelumnya.

Agung menjelaskan, pasal tersebut hanya mengatur ketentuan yang bersifat teknis dalam kaitannya dengan penetapan Surat Keputusan IUPK.

Kementerian ESDM menyatakan bahwa Permen Nomor 7 Tahun 2020 ini diterbitkan untuk mengatur pengajuan perubahan RKAB Tahunan dan pengaturan sistem pelaporan online pada kegiatan pengangkutan dan penjualan batubara.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !