Detail Berita


Harus Tahu, Kenapa Emas Disebut Aset Safe Haven?


"Fine Gold"
Sumber gambar: Republika.co.id


Tanggal terbit: 01-04-2020

duniatambang.co.id – Di tengah banyaknya gejolak global seperti saat ini, kita sering kali mendengar bahwa ekonomi global terancam resesi. Tak jarang pula, kita mendengar bahwa sejumlah investor beralih menuju aset safe haven. Salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven adalah Emas.

Lalu, Apa Itu Aset Safe Haven?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya.

Dengan kata lain, aset safe haven diharapkan dapat bertahan atau bahkan nilainya dapat meningkat ketika terjadi gejolak pasar atau ketika aset investasi lain tengah menurun. Di tengah ancaman krisis, investor akan cenderung memilih aset safe haven untuk melindungi diri dari kerugian.

Mengapa Emas Disebut Aset Safe Haven?

Logam mulia emas sebenarnya sudah menjadi salah satu pilihan investasi atau sarana menimbun kekayaan jauh sebelum kebanyakan orang mengenal investasi portofolio berupa surat berharga (saham, obligasi dan reksadana).

Baca juga: Berminat Investasi Emas? Kenali Dulu Dua Merek Emas Ini

Seiring waktu berjalan, mayoritas pelaku pasar lalu menganggap emas sebagai aset safe haven. Emas digadang-gadang sebagai aset safe haven disebabkan oleh beberapa hal seperti :

1. Emas tidak berisiko kehilangan nilainya di tengah gejolak pasar keuangan

Emas dipercaya sebagai alat penyimpan nilai atau “store of value”. Emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga, kebijakan moneter atau fiskal lainnya yang ditetapkan oleh bank sentral ataupun pemerintah. Safe haven banyak dicari investor untuk menghindarkan mereka dari kerugian ketika terjadi krisis keuangan. Itu sebabnya, harga emas justru cenderung beranjak naik ketika ekonomi dunia diliputi ketidakpastian.

2. Emas dalam portfolio investasi dapat mengurangi kerugian saat pasar saham anjlok

Saat pasar saham anjlok, sejumlah analis cenderung menyarankan untuk beralih ke emas. Emas dinilai mampu melindungi aset dari gerusan inflasi dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, emas layaknya sebuah asuransi bagi investor ditengah krisis

3. Emas merupakan alat pertukaran dan medium pembayaran yang diakui di negara manapun

Seperti yang kita tahu, Emas memang pernah menjadi nilai tukar sebelum adanya uang kertas maupun logam dalam aktivitas ekonomi.

Tak heran di tengah gejolak seperti saat ini, sering kali emas ikut menjadi sorotan. Namun, tak jarang juga kita melihat pergerakan emas yang cukup dinamis. Lantas, sejauh mana ketidakpastian gejolak global dapat menghantarkan emas, akankah emas terus beranjak naik atau sebaliknya.

Sudah berniatkah kamu untuk menimbun emas sebagai investasi?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !