Detail Berita


Duh, Harga Patokan Ekspor Mineral Periode April 2020 Turun Lagi Nih


"Mineral"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 31-03-2020

duniatambang.co.id – Pandemi corona terus menghantui berbagai Negara di belahan dunia, termasuk Indonesia. Penyebaran virus ini mempengaruhi penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk hasil pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) untuk periode April 2020.

Corona telah membawa bencana untuk HPE bulan April. Dibandingkan dengan HPE Maret 2020, beberapa komoditas menunjukkan penurunan.

“HPE produk pertambangan periode April 2020 mengalami penurunan pada beberapa komoditas di antaranya tambaga, timbal, seng, dan bauksit karena adanya wabah viru corona yang terjadi secara global”, kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana.

Sejumlah produk pertambangan periode April yang mengalami penurunan HPE adalah tembaga, timbal, seng, bauksit. Penurunan ini diakibatkan oleh adanya wabah virus corona sehingga mengganggu perekonomian global.

Ketentuan yang mengatur HPE ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20 Tahun 2020 pada tanggal 23 Maret 2020.

Sementara untuk produk pertambangan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian.

Sebagai informasi, perhitungan dasar HPE untuk konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil bersumber dari Asia Metal dan Iron Ore Fine Australian.

Sedangkan, konsentrat tembaga, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, dan bauksit bersumber dari London Metal Exchange.

Penetapan HPE periode April 2020 ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai instansi terkait.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !