Detail Berita


Yuk Kepoin, Apa Saja Kegunaan Batubara?


"Coal Stockpile"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 31-03-2020

duniatambang.co.id - Batubara merupakan salah satu komoditas tambang yang menjadi andalan Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia bahkan menjadi salah satu eksportir batubara kenamaan di dunia.

Batubara adalah salah satu bahan bakar fosil yang terbentuk dari sisa tumbuhan dan sudah melalui proses pembatubaraan. Batubara memang terkenal sebagai salah satu bahan bakar bagi pembangkit listrik. Namun, kamu perlu tahu berbagai manfaat dari batubara lainnya untuk berbagai hal termasuk kegiatan industri.

Berikut merupakan manfaat dari batubara yang kamu harus tahu:

1. Sumber Bahan Bakar Pembangkit Listrik

Batubara memang sudah menjadi salah satu bahan bakar andalan bagi pembangkit listrik. Hal ini dikarenakan ketersediaan batubara, teknologi dan biaya yang ditawarkan batubara sebagai bahan bakar masih sangat menggiurkan.

2. Bisa Diubah Menjadi Bahan Bakar Cair Dan Bahan Bakar Gas

Batubara ternyata bisa dimanfaatkan dengan melakukan konversi atau mengubah bentuk padatan batubara menjadi bahan bakar berbentuk cair yang dikenal dengan nama liquifikasi ataupun menjadi bahan bakar berbentuk gas yang disebut dengan proses gasifikasi.

3. Sebagai Pendukung Dalam Industri Baja

Batubara sangat bermanfaat bagi keberlangsungan industri baja sebagai sumber panas. Produksi baja mentah banyak memakai metalurgi batubara dari batubara kokas. Produksi baja melibatkan karbon dan bahan besi. Karbon diperlukan untuk memanaskan bahan besi dan mengolahnya menjadi baja. Karbon dari batubara menghasilkan panas tinggi sehingga mendukung produksi baja.

4. Sebagai Pendukung Dalam Industri Alumunium

Batubara menjadi bahan bakar yang mendukung industri aluminum. Bahan ini diperoleh sebagai hasil sampingan dari proses oksidasi besi pada industri baja. Gas dan panas kokas dari batubara dapat memisahkan beberapa produk baja sehingga mendapatkan produk aluminum yang dipakai untuk berbagai industri seperti pertanian, peralatan dapur, kontruksi dan berbagai industri lain.

5. Berguna Dalam Industri Semen

Batubara menjadi salah satu bahan bakar utama dalam produksi semen. Batubara terbukti bisa menghasilkan suhu tinggi hingga 1500 derajat Celcius.  Dengan panas yang dihasilkan tersebut, batubara menjadi bahan bakar untuk mengolah berbagai bahan mentah yang digunakan untuk membuat semen. Semen sendiri terbuat dari campuran antara kalsium karbonat, oksida besi, oksida aluminum dan silica.

6. Penggunaan Tar Batubara

Ketika batubara disuling maka akan menghasilkan residu yang dikenal sebagai tar batubara yang berbentuk cair, berwarna hitam pekat. Tar batubara digunakan untuk memperbaiki rumah dan bangunan, serta produksi kain. Material ini banyak digunakan untuk membuat bangunan tahan air, untuk isolasi bangunan, untuk membuat cat, kain, shampoo, dan sabun.

Itulah beberapa contoh pemanfaatan batubara. Dapat disimpulkan bahwa emas hitam atau batubara ini ternyata memiliki beragam kegunaan. Keberadaan batubara dinilai sangat penting dan sangat erat kaitannya dengan berbagai sektor industri lainnya.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !