image

"Dump truck di area penambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 31 March 2020 / 0 Komentar

Tambang 

Mengapa Kendaraan di Areal Tambang Dilengkapi Antena Sangat Tinggi?

duniatambang.co.id - Ketika Anda mengunjungi sebuah areal pertambangan dan mengamati suasana di sana, ada beberapa hal berbeda yang anda temukan. Salah satunya adalah kondisi mobil-mobil yang berlalu lalang atau terparkir di areal tersebut. Mobil-mobil itu dilengkapi dengan antena yang sangat tinggi, tertancap di bodi mobil. Kemudian di ujung antena itu juga terdapat bendera.

Benarkah antena tinggi itu berfungsi untuk menangkap sinyal? Mari simak fungsi antenna tersebut sebagai berikut.

The Buggy Whip

Jika jawaban antena tinggi itu untuk menangkap sinyal, maka anda salah besar. Ternyata antena itu sangat erat kaitannya dalam segi keamanan dan keselamatan di areal tambang. Antena itu ternyata memiliki nama, yakni Buggy Whip. Antena itu terbuat dari sebuah tiang fiber yang pada ujungnya dipasang sebuah bendera reflektif. Fungsi utamanya adalah sebagai penanda, agar mobil yang dipasang Buggy Whip terlihat oleh operator kendaraan besar, seperti Mining Dump Truck.

Tiang antena atau Buggy Whip tersebut rata-rata memiliki tinggi sekitar 3 meter lebih, sebisa mungkin menyamai tinggi dari dashboard kendaraan berat. Pasalnya jarak pandang operator alat berat sangat terbatas, khususnya di bagian bawah sekitar bumper alat berat. Jika ada mobil berada di depan Dump Truck dan mobil itu tidak dilengkapi oleh Buggy Whip, bisa dipastikan mobil tersebut dengan mudah terlindas oleh truk.

Penggunaan Buggy Whip ini berkaca dari banyaknya kasus mobil-mobil yang terlindas oleh Dump Truck berukuran raksasa. Beberapa kasus bahkan sampai menghilangkan nyawa, karena ternyata di dalam mobil itu ada penumpang dan sopirnya.

Untuk meningkatkan visibilitas, biasanya bendera itu terbuat dengan bentuk yang mencolok, serta terbuat dari bahan yang reflektif, yang bisa memantulkan cahaya. Bahkan ada yang bisa menyala dalam gelap, sangat efektif dalam kondisi yang minim cahaya.

 

Penulis : Edo Fernando

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar