Loading...
image

"Jaw Crusher"
Sumber gambar: id.aliexpress.com

Dunia Tambang / 30 March 2020 / 0 Komentar

Tambang Crusher 

Berbagai Jenis Crusher Yang Digunakan pada Industri Pertambangan

duniatambang.co.id - Crusher merupakan mesin yang memiliki peranan vital di pertambangan. Sebab memiliki fungsi sebagai pemecah batu, menjadi ukuran lebih kecil untuk kemudian memudahkan dalam proses pengolahannya. Dalam dunia industri khususnya tambang, mesin crusher lebih umum digunakan pada penambangan terbuka, karena lebih mudah dalam pengoperasiannya dibandingkan penambangan bawah tanah.

Dalam penggunaannya sehari-hari di pertambangan, crusher dibedakan dalam beberapa jenis tingkatan. Crusher primer dan sekunder, digunakan untuk memproses material yang kasar dan besar, sementara crusher tersier dan kuarterner digunakan pada material setingkat bijih, untuk mendapatkan hasil yang lebih halus lagi.

Pada proses pengoperasian, biasanya mesin crusher ini akan mengirimkan hasil olahan material untuk dimuat oleh dumper, truk, atau juga excavator. Namun beberapa crusher dengan teknologi terbaru, memiliki mesin penggerak sehingga bersifat mobile bisa berpindah tempat dan mampu menghancurkan material yang lebih besar. Lebih jauh dalam mengenal mesin crusher ini, berikut beberapa jenis dan penggunaanya.

Jaw Crusher

Merupakan alat penghancur dengan sistem operasional paling sederhana. Prinsip kerjanya secara awam mirip seperti rahang, material akan masuk dan mengalami proses penghancuran seperti dikunyah untuk diubah menjadi lebih kecil. Di dalam mesin tersebut, terdapat dua lempengan yang berfungsi melakukan penggilasan atau pengunyahan tadi.

Gyratory Crusher

Mekanisme dari Gyratory Crusher adalah full time crushing, yang berarti akan melakukan peremukkan material selama proses itu berlangsung, dengan metode menghancurkan secara berputar. Konsep kerjanya yakni, dua bagian peremuk berada di bagian atas dan bawah, dengan bentuk wadah mengerucut ke bawah. Nantinya kedua peremuk itu akan berputar semakin mendekat, sehingga material akan tergerus secara berkala hingga kemudian menjadi ukuran lebih kecil melalui mulut di bagian bawah.

Cone Crusher

Biasanya alat ini dipergunakan pada secondary crushing, dan merupakan modifikasi dari Gyratory Crusher. Kelebihannya adalah, ketika material masih terlalu besar dan keras, akan dikeluarkan melalui saluran khusus, untuk kemudian diremukkan kembali hingga menjadi benar-benar halus.

Dodge Crusher

Crusher tipe ini memiliki lempengan jaw yang menjadi pivot atau titik engsel pada bagian bawahnya. Sementara bagian atasnya akan bergerak secara maju mundur. Karena titik pivotnya berada di bagian atas mesin, maka akan memberikan celah untuk memungkinkan material keluar dengan ukuran yang konstan. Untuk pengoperasiannya, dibutuhkan bijih material lebih kecil dari mulut lempengan jaw. Karena jika terlalu besar akan membuat jaw tadi mengalami macet atau stuck.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Faris Primayudha

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar