Detail Berita


India Lockdown, Pasar Batubara RI Terganggu?


"Ilustrasi Virus Zone"
Sumber gambar: suara.com


Tanggal terbit: 27-03-2020

duniatambang.co.id - Wabah corona yang kian masif membuat India mengambil keputusan lockdown selama 21 hari mendatang terhitung sejak Selasa (24/3). Kebijakan ini akhirnya dipilih India demi menekan penyebaran wabah corona mengingat penduduk India tergolong cukup padat sebanyak 1,3 miliar jiwa.

Keputusan tersebut dinilai sedikit banyak mempengaruhi Indonesia terutama terkait dengan pasar ekspor batubara RI. Sebagai informasi, India merupakan sasaran ekspor kedua setelah China bagi Indonesia. Secara persentase India menguasai 21,9% dari total ekspor batubara Indonesia.

Ketua Indonesia Mining Institute (IMI) Irwandy Arief mengatakan bahwa kebijakan India ini memang nantinya akan sedikit banyak memberi pengaruh terhadap pasar batubara Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari posisi India sebagai market terbesar kedua bagi ekspor batubara RI.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia juga mengatakan hal yang senada bahwa kebijakan lockdown India akan berpengaruh terhadap permintaan batubara dan akses pengiriman.

Selama lockdown, dikhawatirkan sejumlah industri yang notabane mengkonsumsi batubara akan mengurangi operasionalnya sehingga permintaan batubara dapat turun. Namun, Irwandy Arief mengatakan belum dapat menggambarkan secara detail dampak yang mungkin akan dirasakan oleh Indonesia mengingat kebijakan tersebut masih sangat baru diberlakukan oleh India.

Kendati demikian, Arief mengatakan bahwa akan banyak kemungkinan yang bisa terjadi kedepan mengingat kasus virus corona kian masif dan perkembangan global sangat dinamis.

Senada dengan Arief, Hendra juga mengatakan bahwa saat ini dampak negatif yang mungkin akan dirasakan Indonesia belum dapat tergambar secara detail. Pihaknya yang dalam hal ini APBI masih akan mengumpulkan sejumlah data terkait dengan kontrak ekspor batubara ke India meliputi darimana saja dan berapa volume pasokannya serta PLTU mana saja yang akan melakukan shutdown di India. Hal ini dilakukan agar dapat memproyeksikan seberapa besar dampak yang akan diterima pasar batubara Indonesia akibat kebijakan lockdown India.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !