Detail Berita


Emas Antam Diprediksi Bisa Tembus Rp 1 Juta Per Gram Karena Kebijakan Ini


"Fine Gold"
Sumber gambar: Republika.co.id


Tanggal terbit: 26-03-2020

duniatambang.co.id - Pada kuartal kedua tahun 2020 ini, harga emas batangan Antam diprediksi bisa menyentuh harga Rp 1 juta untuk setiap gramnya. Bahkan untuk perdagangan beberapa hari ke depan, harga emas Antam bisa saja menjadi Rp 950.000 per gram.

Kenaikan harga emas Antam tersebut bisa terjadi jika melihat harga emas dunia pada perdagangan hari ini, serta kondisi mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika yang mencapai angka Rp 16.500 per dolar Amerika.

Salah satu faktor utama yang bisa menciptakan kondisi demikian, adalah bergantung pada kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat. Seperti yang diketahui, The Fed telah mengajukan pemberian stimulus kepada parlemen Amerika Serikat. Jika pengajuan stimulus itu kemudian disetujui oleh parlemen, maka akan ada stimulus kualitatif yang sangat besar yang akan dikucurkan ke pasar oleh pemerintah Amerika.

Kenaikan harga emas disebabkan oleh isu kebijakan stimulus oleh The Fed tersebut. Padahal, kebijakan ini masih belum mendapatkan persetujuan, namun harga emas sudah terangkat cukup signifikan. Tentunya, ketika kebijakan stimulus The Fed itu benar-benar disetujui maka kenaikan harga emas akan naik lebih tinggi lagi.

Saat stimulus diberikan, maka akan dana besar tak terbatas yang akan digelontorkan ke pasar. Hal ini akan memicu kondisi pasar kembali stabil dari kepanikan atas kondisi yang terjadi saat ini. Kemudian kestabilan pasar bisa memicu juga pada kenaikan harga emas Antam yang diprediksi mencapai harga Rp 1 juta per gram.

Meski dengan risiko lain nantinya kebijakan pemberian stimulus ditolak oleh parlemen, namun setidaknya pasar sudah memberikan respon yang cukup positif, yang mampu menaikkan harga emas dunia.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !