Detail Berita


Berminat Investasi Emas? Kenali Dulu Dua Merek Emas Ini


"gold"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 26-03-2020

duniatambang.co.id - Saat sejumlah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) serta nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika yang terus mengalami kemerosotan, beberapa pekan ini harga emas justru mengalami peningkatan tajam.

Meski masih fluktuatif naik turun, namun sejak wabah pandemi Virus Corona menyerang, harga emas mengalami kenaikan yang cukup stabil. Memang sejak dari dulu, emas terkenal sebagai salah satu aset yang bisa diandalkan untuk jangka panjang.

Jika tertarik untuk melakukan investasi dengan menjadikan emas sebagai aset, setidaknya anda bisa memahami lebih dulu tentang bisnis logam mulia ini. Di Indonesia sendiri, ada dua jenis merek emas batangan yang bisa dipasarkan secara publik, yakni emas batangan Antam dan UBS. Apa perbedaanya?

Emas Antam

Emas Antam yakni produk emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. Untuk emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk ini, sertifikatnya menyatu pada kemasannya. Karena bersertifikat London Bullion Market Association (LBMA), maka emas jenis ini lebih mudah untuk dijual kembali di sejumlah negara lain. Meski demikian masih ada beberapa produk lama yang sertifikatnya masih berupa hologram yang diberikan secara terpisah.

Untuk pembeliannya emas Antam bisa didapatkan di pusat unit bisnis Antam yang berada di daerah Pulogadung, Jakarta Timur. Juga bisa didapatkan di beberapa butik mereka yang sudah dibuka di sejumlah kota.

Emas UBS

Untuk emas UBS, yakni merupakan produk emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera, sebuah perusahaan swasta yang berdiri sejak 1981. Meski tidak memiliki gerai khusus seperti emas Antam, emas milik UBS bisa didapatkan di toko-toko emas, marketplace dan Pegadaian. Untuk sertifikatnya, emas UBS hanya berupa sertifikat nasional yang diproduksi oleh perusahaan sendiri. Berbentuk sebuah kertas yang menyerupai sim card untuk ukuran kecil, sementara untuk ukuran di atas 5 gram berupa kertas hologram yang terpisah.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !