Detail Berita


Klasifikasi Batubara Menurut Sistem ISO (International Standard Organization)


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 24-03-2020

duniatambang.co.id – Batubara merupakan salah satu sumber energi yang banyak dimanfaatkan di Indonesia, terutama dalam Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Batubara memiliki  sistem klasifikasi, salah satunya menurut ISO (International Standard Organization).

ISO mengklasifikasikan batubara berdasarkan peringkat. Penentuan peringkat ini menggunakan vitrinit (Rv) dari hasil analisis petrografi batubara.

Batubara menurut ISO dibagi menjadi:

1. Batubara Peringkat Rendah (Low Rank Coal)

Batubara peringkat rendah adalah batubara jenis lignit dan sub-bituminus yang mempunyai Rv lebih kecil sama dengan 0,5%.

Batubara peringkat rendah ini mempunyai ciri fisik berwarna cokelat kusam atau sering juga disebut sebagai batubara cokelat (brown coal). Batubara jenis ini mempunyai porositas yang tinggi, mudah hancur, reaktivitas tinggi dan mudah terbakar.

2. Batubara Peringkat Menengah (Medium Rank Coal)

Batubara peringkat menengah adalah batubara jenis bituminus yang mempunyai Rv 0,5 hingga 0,2. Batubara jenis ini mempunyai ciri warna hitam mengkilat atau sering juga disebut black coal.

Bila dibandingkan dengan batubara peringkat rendah, batubara jenis ini mempunyai reaktivitas yang lebih rendah. Selain itu, batubara jenis ini memiliki porositas yang rendah, tetapi tidak mudah menyerap air.

3. Batubara Peringkat Tinggi (High Rank Coal)

Batubara peringkat tinggi adalah batubara jenis antrasit yang mempunyai Rv 2,0 hingga 6,0. Batubara jenis ini berwarna hitam mengkilat sampai keperakan.

Ketahanannya terhadap cuaca paling tinggi dan tidak mudah hancur apabila terjadi perubahan cuaca. Reaktivitasnya paling rendah dibandingkan dengan batubara peringkat rendah dan peringkat menengah sehingga tidak mudah terbakar. Kadar air batubara jenis ini paling rendah dan sebaliknya kadar karbon lebih tinggi dari dua jenis batubara sebelumnya.

 

Baca juga: Saatnya Mengenal Peringkat Batubara Menurut ASTM

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !