Detail Berita


Pulihnya Ekonomi Cina Dongkrak Kenaikan Harga Batubara


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 24-03-2020

duniatambang.co.id - Perlahan namun pasti, kehidupan di Cina mulai pulih dan berangsur membaik setelah sebelumnya dihantam wabah Virus Corona yang mematikan. Kini sejumlah tempat pertokoan dan publik kembali bergeliat, dan beberapa larangan sudah mulai dicabut pemerintah, termasuk social distancing yang tidak diperlukan lagi. Sebab, virus mematikan itu telah berhasil mereka jinakkan. Membaiknya kondisi ini, membuat orang-orang kembali beraktifitas membeli sejumlah kebutuhan mereka.

Sebelumnya, kondisi perekonomian negara Cina mengalami keterpurukan dan nyaris lumpuh. Hal ini disebabkan sejumlah sektor dalam negeri terganggu dengan adanya wabah Virus Corona. Kebijakan pemberlakuan lockdown membuat semua aktivitas bisnis berhenti, demi menghentikan penyebaran virus tersebut. Namun, kesigapan pemerintah Cina patut diacungi jempol. Terbukti dalam tiga hari ini sudah tidak laporan pasien baru yang terinfeksi virus Corona.

Dengan membaiknya aktivitas ekonomi ini, tentu berdampak bagus juga terhadap kebutuhan energi yang juga meningkat. Di kala permintaan energi ini meningkat, maka permintaan akan sumber primer seperti batubara juga mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan dari Refinitv pada awal hingga pertengahan bulan Maret ini, terjadi peningkatan pengiriman batubara di sejumlah pelabuhan di Cina. Tercatat ada kenaikan permintaan batubara di negara tirai bambu itu sebesar 1,88 persen dengan nilai total 10,8 juta ton, dibandingkan permintaan pada tahun yang sama sebelumnya.

Peningkatan jumlah impor yang dilakukan Cina untuk komoditas batubara ini membuat stok yang dimiliki juga terangkat. Laporan per 13 Maret untuk stok batubara di pelabuhan Qinhuangdao, ada kenaikan sebesar 1,75 persen, yakni sebesar 5,8 juta ton dengan perbandingan laporan pada tahun sebelumnya. 

Harga batubara yang sebelumnya mengalami penurunan, akhirnya berhasil mengalami penguatan pada pekan ini. Hal ini tak luput dari permintaan batubara dari Cina tersebut. Diprediksi harga batubara akan terus membaik, seiring dengan terus membaiknya kondisi ekonomi di Cina pasca wabah Virus Corona.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !