Detail Berita


Harga Emas Antam Menguat Melawan Tren Global, Ini Alasannya


"Fine Gold"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-03-2020

duniatambang.co.id - Harga emas dunia pekan ini mengalami penurunan secara konsisten. Hal ini diketahui sebagai imbas dari resesi global akibat adanya wabah pandemi Virus Corona. Selanjutnya memicu kecemasan pasar sehingga terjadi aksi borong Dollar Amerika. Dibandingkan aset safe haven lainnya, harga emas dilaporkan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tercatat harga emas global turun sebesar 1,4 persen.

Sementara, bertolak belakang dengan apa yang terjadi di pasar global, harga logam mulia di Indonesia justru mengalami penguatan. Dilaporkan, dalam sepekan ini harga emas di pasar Indonesia naik sebesar 1,4 persen. Tercatat pada Jumat (20/03), harga emas PT Aneka Tambang Tbk. berada di angka Rp 824.000 atau mengalami kenaikan sebesar Rp 12.000 untuk tiap gramnya jika dibandingkan pada perdagangan Jumat pekan sebelumnya. Sedangkan harga emas global berada di angka US$ 1.506,5 per troy ons. Nilai tersebut turut dibandingkan pada Jumat lalu sebesar US$ 1.529,3.

Dari data tersebut di atas, bisa disimpulkan jika harga emas Antam melawan pergerakan tren harga emas dunia. Kecenderungan perbedaan tren ini dikarenakan adanya permintaan kebutuhan emas yang juga berbeda antara pasar Indonesia dengan pasar dunia. Di Indonesia sendiri, para investor menggunakan emas untuk perlindungan aset kekayaan dari inflasi serta untuk kebutuhan jangka panjang. Oleh karenanya, harga emas di pasar Indonesia bisa tetap terjaga di tengah perubahan bursa dunia dan bursa Indonesia.

Sedangkan, para investor di pasar dunia memanfaatkan emas sebagai investasi dengan mengejar hasil dalam jangka pendek. Perubahan di pasar global juga cukup tinggi dibandingkan di Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh penurunan margin keuntungan yang tipis dengan aset lainnya, sehingga rentan memicu aksi jual secara masif.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !