Detail Berita


Tidak Dapat Work From Home, Pekerja Tambang Masih Bisa Lawan Corona


"Pekerja Tambang di area penambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-03-2020

duniatambang.co.id - Virus corona kini memang sudah menjadi pandemi. Penyebarannya yang cepat dan kian masif ke seluruh penjuru dunia membuat masyarakat dibayangi kepanikan. Kebijakan demi kebijakan telah diterbitkan oleh pemerintah terkait dengan penanganan wabah ini.

Salah satu kebijakan yang cukup ramai dibincangkan yaitu work from home atau WFH, Namun tidak semua bidang dapat memberlakukan WFH.  Salah satunya yaitu pekerja tambang, tidak sedikit pekerja tambang yang masih harus beraktivitas di site dan belum dapat menikmati WFH.

Bagi pekerja tambang yang masih harus on site, ini yang bisa dilakukan sebagai upaya preventif siaga corona:

1. Tidur yang Cukup

Bagi kamu para pekerja tambang, memenuhi kebutuhan tidur yang cukup sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tetap prima. Tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah 7-9 Jam. Porsi tidur yang baik dapat memperkuat imunitas. Dalam menghadapi pandemi seperti sekarang ini, sistem imun yang baik sangatlah diperlukan. Hindari tiudr larut malam jika memang tidak diperlukan.

2. Penuhi Gizi Seimbang

Pekerja tambang memang sering kali diidentikkan dengan pekerja yang memikul beban kerja cukup berat dan padat. Untuk menjaga agar tubuh dapat bugar dan prima sangatlah perlu memperhatikan asupan gizi. Terlebih ditengah pandemi seperti sekarang ini. Gizi seimbang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat sehingga tubuh tidak mudah terpengaruh oleh padatnya rutinitas, perubahan cuaca, atau wabah penyakit. Mengkonsumsi vitamin juga dapat menjadi pilihan, tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan.

3. Budayakan Cuci Tangan

Penyebaran corona saat ini memang tergolong cepat dan masif. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk meningkatkan selfawarness dengan membudayakan cuci tangan sebelum menyentuh area muka, sebelum makan ataupun sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas lainnya. Cuci tangan dapat dilakukan dengan sabun dan air mengalir ataupun dengan pencuci tangan berbasis alkohol.

4. Social Distancing

Social Distancing adalah anjuran untuk menjaga jarak dengan orang lain. Menurut WHO dalam kasus corona, masyarakat harus menjaga jarak minimal 1-2 meter dari orang lain ketika berinteraksi dan menhindari untuk saling bersentuhan. Selain itu, disarankan juga untuk tidak melakukan perjalanan dinas atau pertemuan ke luar kota maupun luar negeri.

Beberapa cara tersebut dapat dilakukan pekerja tambang sebagai upaya preventif penyebaran virus corona. Para pekerja tambang juga harus meningkatkan selfawarness, menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja serta tidak melupakan pentingnya bekerja dengan berbudaya K3.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !