Detail Berita


APBI Sambut Baik Pencabutan Permendag 82 Tahun 2017 Demi Menjaga Ekonomi Nasional


"Pengangkutan batubara menggunakan kapal tongkang"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 20-03-2020

duniatambang.co.id - Menyikapi hantaman virus corona (covid-19) yang kian mengganas, pemerintah akhirnya mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 82 Tahun 2017 tentang Penggunaan Asuransi dan Kapal Nasional untuk Ekspor dan Impor Komoditas Tertentu. Peraturan yang mewajibkan penggunaan kapal nasional untuk ekspor batubara akan ditiadakan.

Sebelumnya Permendag 82/2017 ini sempat menjadi polemic karena kurangnya kesiapan kapal nasional sehingga dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas ekspor.

Baca juga: Ekspor Batubara Diprediksi Meningkat, Bagaimana dengan Aturan Permendag?

Adanya pencabutan Permendag 82/2017, Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menyambut baik rencana pemerintah yang akan mencabut regulasi tersebut.

APBI mengapresiasi kebijakan pemerintah tersebut yang akan mencabut Permendag 82/2017 karena dikhawatirkan berpotensi menghambat ekspor batubara serta dapat merugikan perekonomian nasional.

Dengan pencabutan peraturan tersebut, APBI berharap Kementerian Perdagangan segera menerbitkan Permendag yang mencabut/membatalkan Permendag tersebut untuk memberi kepastian dan kejelasan bagi eksportir batubara.

Upaya pencabutan ini selaras dengan musibah global yang dihadapi oleh sebagian besar Negara di dunia akibat virus corona (covid-19) yang makin tidak terelakkan. Apabila peraturan ini dicabut, pemerintah dapat memberikan stimulus ekspor untuk menopang perekonomian nasional di tengah krisis akibat virus corona.

Sebelumnya, pihak APBI telah menyampaikan keluhan melalui beberapa surat resmi kepada pemerintah. Keresahan APBI terhadap akan adanya pemberlakuan kewajiban menggunakan kapal nasional adalah terbatasnya ketersediaan kapal nasional berpotensi menghambat proses pelayaran. Selain itu, keterbatasan jumlah kapal ini akan menambah beban biaya sehingga membuat harga jual batubara menjadi tidak kompetitif dan makin tertekan.

APBI tetap mendukung penuh pengembangan industri kapal pelayaran nasional agar meningkatkan pelayanan pengangkutan batubara untuk domestik maupun ekspor.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !