Detail Berita


Emas ANTAM Labil, Sempat Naik Lalu Kembali Terkoreksi


"Fine Gold"
Sumber gambar: Republika.co.id


Tanggal terbit: 20-03-2020

duniatambang.co.id - Berbagai polemik yang terjadi di dunia terutama terkait dengan penyebaran virus corona yang kian masif hingga dapat menyebar ke lebih dari seratus Negara di belahan dunia dan terus menunjukkan kenaikan jumlah korban terinfeksi.

Di tengah situasi ini asset safe havens sering kali menjadi opsi bagi investor. Kendati demikian, Emas yang merupakan salah satu asset safe havens justru terus berfluktuatif. Emas sempat menunjukkan kenaikan lalu tidak lama kemudian juga mampu menunjukkan penurunan.

Emas ANTAM sempat naik pada (17/3) secara persentase sebesar 3,32% atau naik sebesar Rp 25.000 menjadi Rp 777.000/gram. Kenaikan emas ANTAM ini juga diikuti pula dengan kenaikan emas di pasar spot dunia pada (18/3) yaitu secara persentase naik sebesar 0,7% menjadi US$ 1.538,63/troy ons.

Emas berjangka AS naik 0,8% menjadi $ 1.538/troy ons. Kenaikan emas ini dipicu oleh The Federal Reserve AS atau Bank Sentral AS yang mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan likuiditas di pasar sebagai upaya menekan kekhawatiran dunia terhadap krisis keuangan karena efek corona.

Sempat naik, lalu keesokan harinya emas ANTAM kembali mencatatkan penurunan menjadi Rp 765.000/gram atau turun Rp 12.000 yang secara persentase menunjukkan penurunan sebesar 1,54%. Untuk harga beli kembali atau buyback emas Antam juga terkoreksi sebesar 1,72% atau terkoreksi sebesar Rp 13.000 menjadi Rp 732.000/gram. Penurunan juga terjadi di pasar spot dunia, harga emas turun 0,4% menjadi $ 1,480.57/troy ons.

Penurunan harga emas ini diyakini terjadi karena investor berbondong-bondong menjual sejumlah asset termasuk emas demi menimbun uang tunai karena meningkatnya kekhawatiran terhadap krisis ekonomi dan keuangan global akibat dari kian maraknya penyebaran virus corona hampir ke seluruh Negara di belahan dunia. Hal tersebut, membuat emas harus kembali terkoreksi. Hingga saat ini, belum dapat diketahui ke arah mana emas akan kembali bergerak nantinya.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !