Detail Berita


MIND ID Optimis Proyek SGAR Akan Mulai Proses Konstruksi Pertengahan Tahun Ini


"Smelter"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 20-03-2020

duniatambang.co.id - Meski wabah Virus Corona telah menyebar hampir ke seluruh sektor industri, termasuk proyek pembangunan smelter tambang. Namun, proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) mengaku tidak mengalami gangguan yang signifikan akibat wabah tersebut. Proyek smelter tersebut sedang dikerjakan oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Rendi A. Witoelar selaku Sekretaris Perusahaan MIND ID, mengungkapkan bahwa proyek pembangunan smelter yang sedang digarap di wilayah Mempawah, Kalimantan Barat tersebut berjalan dengan lancar sesuai rencana yang ditetapkan. Dia menambahkan, pada saat ini proyek SGAR berada dalam tahap persiapan dan pemadatan lahan. Oleh karenanya, tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak untuk mobilisasi peralatan.

Dengan kondisi proyek SGAR saat ini, pihaknya yakin bahwa proyek tersebut akan bisa diselesaikan sesuai dengan target yang ada. Pada bulan Mei, atau bulan Juni pada tahun ini, proyek itu ditargetkan sudah memasuki tahap konstruksi. Meski demikian, pihaknya tidak mau berandai-andai lebih jauh dan akan terus memantau perkembangan kondisi dan situasi saat ini, khususnya pada wabah pandemi Virus Corona.

Sementara itu di tempat yang terpisah, Kunto Hendraprawoko selaku Senior Vice President Corporate Secretary Antam menerangkan, kondisi proyek smelter milik Antam lainnya juga berjalan sesuai rencana. Proyek lain yang sedang digarap itu yakni proyek smelter Feronikel yang berada di Halmahera Timur.

Dalam laporan akhir tahun lalu, proyek smelter di Halmahera Timur itu sudah mencapai tahap akhir, dengan proses pembangunan sejauh 97,75%. Pihaknya telah berkomitmen bahwa proyek tersebut akan selesai pada tahun ini dan pabrik akan bisa mulai berproduksi. Untuk menunjang pengerjaan proyek SGAR maupun proyek Feronikel, pihaknya bergantung pada pasokan listrik milik PT PLN. Hal ini seperti amanat yang sudah diberikan oleh Kementerian BUMN dan ESDM yang meminta semua proyek untuk bisa menggunakan listrik milik PLN.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !