Detail Berita


Efek Corona, TINS Turunkan Produksi dan Tahan Ekspor


"PT Timah Tbk"
Sumber gambar: eksplorasi.id


Tanggal terbit: 19-03-2020

duniatambang.co.id - Penyebaran virus corona (COVID-19) kian mengganas hampir ke semua Negara di belahan dunia. Wabah virus corona memang sempat mempengaruhi sejumlah pasar komoditas, tak terkecuali komoditas timah. PT Timah Tbk (TINS) sebagai salah satu emiten pelat merah yang bergerak dalam bisnis komoditas timah cukup merasakan dampak dari gejolak pasar akibat wabah Covid-19 ini.

Seperti yang diketahui sebelumnya, harga timah sejak awal tahun memang bergerak cukup lamban dan cenderung lesu. Hal ini juga membuat TINS semakin terdampak. Terlebih lagi, dikarenakan maraknya wabah corona sejumlah pabrik barang-barang elektronik, smartphone dan teknologi lainnya yang notabane menggunakan bahan baku timah harus diberhentikan sementara di tengah mencekamnya virus corona.

Direktur Utama Timah Riza Pahlevi mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan kondisi pasar yang belum stabil, TINS saat ini memilih untuk wait and see. TINS juga memilih untuk menurunkan produksi dan menahan hasrat untuk kegiatan ekspor hingga harga timah membaik dan menguntungkan bagi perusahaan.

Penurunan produksi TINS diproyeksikan mencapai 20% hingga 30% dari target bulanan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini dilakukan TINS untuk mengimbangi permintaan pasar. TINS ke depannya akan terus memantau perkembangan pasar dan mengikuti perkembangan situasi global saat ini dan menunggu adanya peluang menguntungkan bagi TINS.

TINS masih menaruh harap agar wabah corona ini dapat segera teratasi. TINS juga sedikit melihat adanya sentimen positif ketika China saat ini sudah berangsur membaik dan sejumlah pabrik akan segera beroperasi secara bertahap. Hal ini diharapkan dapat memacu tumbuhnya permintaan timah sehingga harga timah dapat berangsur merangkak naik.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !