Detail Berita


Ini Faktor Penyebab Minimnya Investasi Eksplorasi Tambang


"Coal Mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 18-03-2020

duniatambang.co.id- Pemerintah sebelumnya telah menekankan kewajiban bagi para perusahaan tambang untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi, guna menemukan cadangan sumber daya alam yang baru. Sebab, selama ini jumlah nilai investasi dan juga kegiatan eksplorasi sangat minim dilakukan perusahaan tambang.

Baca juga: Kementrian ESDM Bidik Pertumbuhan Iklim Investasi Eksplorasi Tambang Terus Tumbuh

Kebijakan pemerintah ini pun mendapatkan berbagai tanggapan dari para investor dan perusahaan tambang. Salah satunya adalah Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia (APBI). Hendra Sinadia, selaku direktur APBI menyambut baik kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait kegiatan eksplorasi itu. Namun, mengatakan hal tersebut bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dijalankan.

Ada sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan para investor dan pengusaha tambang untuk melakukan kegiatan eksplorasi tersebut. Salah satunya adalah rasio tingkat kesuksesan dalam kegiatan eksplorasi sangat kecil sekali, yakni hanya sebesar 3-4% saja. Selain itu masalah perizinan serta kepastian hukum yang ada di Indonesia yang masih jadi problem yang terlalu kusut untuk diuraikan. Hal ini termasuk juga pada aturan pengelolaan kewilayahan.

Permasalahan ini semakin pelik, karena ditambah dengan adanya revisi UU Minerba yang masih menimbulkan polemik di kalangan pengusaha tambang dan pemerintah. Sementara para investor sendiri masih akan disibukkan dengan berhitung nilai Kompensasi Data Informasi (KDI) terkait Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP).

Hendra menyarankan agar Kompensasi Data Informasi itu harus dilakukan revisi agar bisa lebih efisien dalam hal pembiayaan.

Jika sejumlah permasalahan di atas bisa diselesaikan, pihaknya yakni perusahaan eksplorasi asing akan sangat tertarik untuk melakukan investasi di negara ini. Seperti yang ditargetkan pemerintah dalam kebijakan tersebut. Sementara itu faktor eksternal yang juga menjadi perhatian para investor dan pengusaha tambang adalah pergerakan harga komoditas pasar.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !