Detail Berita


Masih Melimpah! Berikut Laporan Jumlah Potensi Sumber Daya Minerba Indonesia Beserta Cadangannya


"Coal Hauling"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 17-03-2020

duniatambang.co.id - Cadangan barang tambang dan juga potensi potensi sumber daya di Indonesia, khususnya tambang jenis mineral, diketahui masih sangat melimpah. Komoditas paling besar yakni Nikel, Bauksit, Besi dan Perak. Hal ini dipaparkan secara langsung oleh Dirjen Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bambang Gatot Ariyono di kantornya beberapa waktu yang lalu.

Dari data yang dijabarkan oleh Bambang Gatot Ariyono, diketahui total sumber daya Emas Primer tercatat sebanyak 11,4 miliar bijih ton dengan nilai cadangannya sebesar 3,02 miliar bijih ton. Untuk sumber daya Perak nilainya mencapai 6,44 miliar bijih ton dan cadangannya sebesar 2,76 miliar bijih ton.

Lalu untuk Nikel jumlahnya mencapai 9,31 miliar bijih ton dengan nilai cadangan saat ini mencapai 3,57 miliar bijih ton. Selanjutnya sumber daya Tembaga jumlah yang dimiliki Indonesia saat ini tercatat sebesar 12,46 miliar bijih ton, dengan jumlah cadangannya mencapai 2,76 miliar bijih ton.

Bambang juga menambahkan untuk sumber daya Besi, jumlah yang dimiliki Indonesia saat ini sebanyak 12,07 miliar bijih ton, dan cadangannya sebesar 3,07 miliar bijih ton. Untuk jenis Bauksit total sumber dayanya tercatat sebesar 3,3 miliar bijih ton, sementara cadangannya sebanyak 2,38 miliar bijih ton.

Sedangkan untuk komoditas Emas Aluvial tercatat sebanyak 1,61 miliar bijih ton meter kubik, dengan cadangannya senilai 6,06 juta bijih ton dalam meter kubik. Sumber daya timah tercatat di angka 3,87 miliar bijih ton dalam meter kubik, lalu cadangannya ada sebanyak 1,2 miliar bijih ton dalam meter kubik.

Bambang menyebut data-data tersebut dicatat berdasarkan laporan dari pihak Badan Geologi Kementerian ESDM untuk tahun 2019, dengan berdasarkan data per Desember 2018.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !