Detail Berita


Kasus Corona Kian Mencekam, Ini Yang Dilakukan Emiten Tambang di Tanah Air


"Coal Stockpile"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-03-2020

duniatambang.co.id - Kasus penyebaran virus corona memang masih berlangsung di berbagai negara di dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo resmi mendeklarasikan bahwa di Indonesia terdapat warga Negara yang positif corona, hingga hari ini kasus corona di Indonesia pun terus bertambah. Hal tersebut memicu berbagai reaksi dari sejumlah pihak.

Sejumlah emiten yang bergerak di sektor tambang turut melakukan sejumlah upaya preventif sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona terutama di wilayah kerjanya. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang merupakan salah emiten pelat merah yang bergerak di industri tambang batubara pun mengambil beberapa langkah terkait respon terhadap maraknya virus corona di Indonesia. Langkah-langkah tersebut antara lain menghindari perjalanan dinas baik untuk dalam maupun luar negeri, pihaknya mengedepankan komunikasi lewat media teleconference.

Selain itu, PTBA juga mengkampanyekan awareness terhadap corona misalnya dengan pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer dan penyemprotan desinfectan di ruang-ruang kerja. Sejauh ini, PTBA mengaku bahwa kegiatan operasional tambang belum terganggu. Pihaknya pun akan terus memperketat pengawasan dan terus melakukan screening bagi setiap pekerja.

Senada dengan PTBA, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) juga mengaku bahwa sejauh ini kegiatan operasional tambang masih berjalan sesuai dengan rencana dan belum terdampak wabah virus corona. Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya preventif dan upaya mitigasi corona di wilayah kerjanya.

Upaya-upaya yang dilakukan INCO antara lain, menunda dan membatasi sejumlah perjalanan dinas dengan melakukan diskusi bersama mitra dari luar negeri melalui sambungan jarak jauh atau melalui teleconference. Pihaknya juga memberlakukan kebijakan screening pada pegawai. Baik PTBA dan Vale berharap ke depannya wabah ini dapat segera ditangani agar tidak sampai mengganggu kegiatan operasional.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !