Detail Berita


Jurusan Idaman, Ternyata Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Pertambangan!


"Mining employees"
Sumber gambar: shell.com


Tanggal terbit: 12-03-2020

duniatambang.co.id – Memasuki tahun ajaran baru perguruan tinggi, pelajar yang menginjak semester akhir kelimpungan memilih jurusan yang tepat. Teknik Pertambangan adalah salah satu jurusan idola yang banyak diidam-idamkan oleh calon mahasiswa.

Teknik Pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian. Lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang karir yang luas di dalam maupun di luar industri pertambangan.

Baca juga: Inilah Tahapan Pertambangan Menurut UU Nomor 4 tahun 2009

Jika Sobat ingin berkarir pada profesi seperti di bawah ini, Teknik Pertambangan adalah jurusan yang tepat untuk diperjuangkan. Berikut peluang atau prospek kerja lulusan Teknik Pertambangan:

1. Wiraswasta

Era Revolusi Industri 4.0 menjadikan cambuk bagi pegiat usaha untuk tetap bertahan di tengah tantangan yang mencekam. Kini banyak usahawan muda yang sukses mendirikan perusahaan sendiri. Misalnya pengembangan software pertambangan, media pertambangan, jasa konsultan pertambangan, sewa alat, dan masih banyak peluang lainnya yang dapat ditekuni.

2. Konsultan Pertambangan

Industri pertambangan memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang tinggi. Selain teknik pengerjaan, industri pertambangan juga melibatkan berbagai alat berat dan alat-alat canggih lainnya. Pertambangan juga melibatkan beberapa disiplin ilmu dan profesional lainnya, termasuk jasa konsultan pertambangan untuk membantu pengerjaan pertambangan perusahaan yang bersangkutan.

3. Ahli Tambang dan Geologi

Ahli tambang dan geologi yang tersertifikasi disebut juga CPI (Competent Person Indonesia). CPI merupakan penanggung jawab pembuatan laporan hasil eksplorasi, estimasi sumber daya atau cadangan pada mineral dan batubara. Pembuatan laporan oleh CPI memiliki standarisasi dari KCMI (Komite Cadangan Mineral Indonesia).

4. Ahli Pengeboran Bumi

Kuliah di Jurusan Teknik Pertambangan diajarkan materi matematika dan mekanis (mesin dan peralatan, desain, perbaikan dan perawatan) alat.  Operasi pengeboran menghabiskan biaya yang tidak sedikit, ahli pengeboran harus tahu cara operasi pengeboran yang lebih ekonomis. Ini pula yang membuat ahli pengeboran dibayar dengan harga yang fantastis.

Baca juga: Selain Salary, Mungkin Ini Salah Satu Alasanmu Pilih Kerja Di Pertambangan

5. Teknisi Laboratorium

Bidang pertambangan sangat erat kaitannya dengan kegiatan laboratorium, termasuk penentuan hasil kadar konsentrat dan nilai kalori batubara. Ada banyak laboratorium pertambangan baik itu perusahaan Negara maupun swasta. Jadi besar kemungkinan lulusan tambang dapat berkarir sebagai teknisi laboratorium.

6. Akademisi dan Peneliti

Jumlah kampus negeri maupun swasta yang terdapat Jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia terbilang tidak sedikit sehingga banyak membutuhkan akademisi dan peneliti. Untuk berkarir menjadi akademisi umumnya lulusan tambang harus menempuh program pascasarjana. Jika sobat berminat untuk menjadi peneliti pertambangan, Sobat bisa berkarir di LIPI, BPPT, Litbang Industri, dan lain sebagainya.

7. Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan baik Kementerian maupun Dinas, umumnya setiap tahun membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Kementerian yang menerima lulusan Teknik Pertambangan adalah Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi (Kemendesa), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan lain-lain. Sementara untuk Dinas Provinsi yang membuka lowongan CPNS untuk lulusan Teknik Pertambangan adalah Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral daerah.

8. Badan Usaha Milik Negara

Saat ini telah terbentuk holding BUMN pertambangan yang dinaungi oleh MIND  ID (Mining Industry Indonesia) yang membawahi PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Perusahaan-perusahaan tersebut adalah perusahaan ternama di Indonesia yang siap merekrut talenta muda pertambangan.

9. Perusahaan Pertambangan Swasta (Nasional dan Multinasional)

Perusahaan tambang memberikan Pendapatan Negara Bukan Pajak kepada Negara yang besar. Indonesia termasuk salah satu produsen batubara terbesar di dunia. Dengan banyaknya sumber daya alam di Indonesia, menjadikan negeri ini menjadi tempat berdiri banyak perusahaan yang menyerap tenaga kerja lokal.

10. Industri Kontraktor dan Alat Berat

Industri pertambangan tidak lepas dari peran industri kontraktor dan alat berat. Perusahaan jasa kontraktor pertambangan di Indonesia merekrut banyak karyawan untuk memenuhi kebutuhan industri. Tak luput juga, industri alat berat yang juga semakin maju yang memberi kesempatan untuk putra-putri bangsa berkarir di dalamnya.

 

Nah bagaimana menurut Sobat, masih ragu memilih Jurusan Teknik Pertambangan?

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !