Detail Berita


Inilah Tahapan Pertambangan Menurut UU Nomor 4 tahun 2009


"Mining Activity"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-03-2020

duniatambang.co.id – Pertambangan adalah sektor industri yang banyak memberikan sumbangsih untuk Negara. Indonesia memiliki bahan tambang yang melimpah mulai dari batubara, emas, nikel, timah, dan lainnya. Bahan tambang yang terkurung dalam kerak bumi tidak bisa dimanfaatkan jika belum diambil sampai ke permukaan bumi.

Baca juga: Sekilas Mirip, Tambang, Pertambangan, Penambangan, Apa Bedanya?

Bahan tambang perlu dilakukan penggalian untuk diproses menjadi produk jadi hingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, tahapan pertambangan terdiri dari:

1. Penyelidikan Umum

Penyelidikan umum adalah tahapan kegiatan pertambangan untuk mengetahui kondisi geologi dan regional mengenai adanya indikasi mineralisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari bahan tambang yang mempunyai nilai jual.

2. Eksplorasi

Eksplorasi bertujuan untuk memperoleh informasi yang secara terperinci mengenai lokasi, dimensi, bentuk, sebaran, kualitas, dan sumber daya terukur dari bahan galian.

3. Studi Kelayakan

Studi kelayakan adalah tahapan yang lebih terperinci lagi dari penyelidikan umum dan eksplorasi. Studi kelayakan bertujuan untuk memperoleh informasi secara rinci seluruh aspek yang berkaitan untuk menentukan secara ekonomis dan teknis pertambangan. Pada tahap ini bisa mendapatkan analisis mengenai dampak lingkungan serta perencanaan pascatambang.

4. Konstruksi

Setelah aspek yang berkaitan terkait keekonomisan dan teknis pertambangan, diperlukan kegiatan konstruksi. Konstruksi merupakan kegiatan untuk melakukan pembangunan seluruh fasilitas operasi produksi. Hal ini meliputi penyediaan/penyediaan sarana dan prasarana dalam memulai pertambangan batubara.

5. Penambangan

Penambangan adalah tahapan yang bertujuan mengambil bahan tambang di dalam perut bumi mulai dari pembersihan lahan hingga didapatkan bahan tambang tersebut.

6. Pengolahan dan pemurnian

Pengolahan dan pemurnian menjadi topik panas mulai dari tahun lalu hingga saat ini akibat penutupan larangan ekspor nikel yang dipercepat yang mulai berlaku pada 01 Januari 2020 lalu. Kegiatan pengolahan dan pemurnian dalam negeri ini dillakukan bertujuan untuk menambah nilai jual produk yang lebih tinggi.

7. Pengangkutan dan Penjualan

Bahan galian yang sudah diambil dari dalam bumi kemudian dilanjutkan untuk pengangkutan dan proses penjualan baik domestik maupun luar negeri.

8. Kegiatan pascatambang

Pascatambang adalah kegiatan yang terencana, sistematis, dan berlanjut setelah akhir atau seluruh kegiatan usaha pertambangan yang bertujuan untuk memulihkan fungsi lingkungan alam di wilayah pertambangan kembali.

 

Penulis : Mayang Sari
Editor   : Wasis
Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !