Detail Berita


Ancora Targetkan Tambang Emas Miliknya Beroperasi Akhir 2021 Mendatang


"gold"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-03-2020

duniatambang.co.id - PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) melalui anak usahanya PT Indotan Lombok Barat Bangkit (ILBB) tengah serius menggarap bisnis tambang emas. Tambang emas tersebut berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan luas total area sebesar 10.088 hektar.

Tambang tersebut memiliki tiga site yaitu site Raja, site Selodong, dan site Macanggah. Saat ini pihak OKAS masih belum dapat memastikan besaran cadangan emas yang terdapat di tiga site miliknya tersebut. Hanya saja, untuk site raja digadang-gadang memiliki cadangan emas sebesar 322.000 ons troi dan merupakan site pertama yang akan dilakukan aktivitas produksi nantinya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tambang emas milik OKAS ini sudah mendapatkan Izin Usaha Penambangan Operasi Produksi (IUP OP) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang berlaku 20 tahun dan dapat diperpanjang 2x10 tahun. Selain itu, pihak OKAS juga sudah mendapatkan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk tambang emas ini.

Saat ini, pihak OKAS akan menentukan batas area kerja. Setelah penentuan batas area kerja rampung, maka pihaknya akan melanjutkan ke aktivitas drilling yang diproyeksikan dapat selesai pada kuartal III tahun ini. Lalu OKAS akan melanjutkan pengerjaan proyek tambang emas ini pada tahap Joint Ore Reserves Committee (JORC). Setelah itu, OKAS akan mulai membangun infrastruktur dan pabrik pengolahan emas. Namun, pihak OKAS belum dapat membeberkan berapa kapasitas pabrik pengolahan emas miliknya nanti.

Untuk melancarkan pengembangan proyek tambang emas ini, pihak OKAS harus merogoh kocek hingga US$ 30 juta. Dalam memenuhi kebutuhan pendanaan ini, pihak OKAS masih terus mengkaji sejumlah opsi pendanaan seperti opsi pinjaman bank. OKAS berharap pihaknya sudah dapat mengoperasikan tambang emas ini pada akhir 2021 mendatang. OKAS pun berharap ekspansi bisnis ke tambang emas ini dapat menambah pundi-pundi pendapatan bagi perusahaan sehingga membuat kinerja perusahaan kian mentereng.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar
Komentar Berita
  1. Semoga dengan adanya industri pertambangan di lombok barat ini semakin membuka peluang kerja bagi jobsacer.


Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !