Detail Berita


Cegah Corona, Perusahaan Tambang dan Semen Karantina TKA


"Pengecekan suhu tubuh TKA"
Sumber gambar: liputan6.com


Tanggal terbit: 09-03-2020

duniatambang.co.id – Tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia harus dikarantina lantaran virus korona. Pastinya hal ini bertujuan baik, sebab memang penyebaran virus corona ini semakin hari semakin meluas.

Isu adanya pengkarantinaan tenaga kerja asing, terutama dari Cina memang belum direalisasikan. Namun pemerintah sudah memberikan protokol pada beberapa perusahaan di Indonesia yang telah merekrut tenaga kerja asing sebelumnya.

Adapun perusahaan yang mendapat protokol dari pemerintah langsung adalah perusahaan tambang dan perusahaan semen. Demi pencegahan menyebarnya virus corona, Achmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah bagian virus corona memberikan contoh salah satu perusahaan tambang di Maluku Utara. Perusahaan tambang tersebut memang telah merekrut pekerja asing, dan saat pekerja-pekerja asing tersebut kembali ke Indonesia mereka dikarantina selama 14 hari.

Pekerja asing di perusahaan-perusahaan Indonesia beberapa waktu lalu memang telah pergi meninggalkan Indonesia untuk merayakan hari raya Imlek bersama keluarga mereka. Tentu saja mereka merayakan hari bersama ini di negara mereka masing-masing. Mereka, tenaga kerja asing ini kembali lebih awal sebelum ditutupnya penerbangan ke luar negeri.

Jika terbukti mereka negatif dari virus corona maka mereka diperbolehkan kembali bekerja di Indonesia. Achmad Yurianto tak hanya mencontohkan pertambangan di Maluku Utara untuk perusahaan-perusahaan tambang dan semen lainnya, melainkan juga memberikan statement penjelas terhadap kasus tersebut.

Di sela Konferensi Media, beliau menyatakan bahwa tenaga kerja asing tersebut memang balik ke Indonesia lebih awal sebelum akses penerbangan ditutup. Mereka akan dikarantina selama 14 hari di wilayah yang sama dengan perusahaan yang bersangkutan. Karantina ini tidak hanya dilakukan di darat saja, melainkan juga di laut dan di udara. 

Tak hanya pemerintah yang akan melakukan karantina ini, melainkan juga harus ada dukungan dari perusahaan yang bersangkutan. Nantinya tenaga kerja asing yang dikarantina akan dipisahkan sesuai keperluan observasi.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor    : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !