Detail Berita


Waduh Cuaca Ekstrem Gerus Penjualan Semen Sejumlah Emiten Januari 2020


"Limestone"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 09-03-2020

duniatambang.co.id - Industri semen memang tengah bergejolak sejak 2019 lalu. Bahkan performa sejumlah emiten yang bergerak dalam industri semen pun berimbas menjadi kurang prima. Pada tahun ini, sejumlah emiten menaruh harap pasar semen kembali bergairah. Namun nampaknya harapan tersebut belum dapat terwujud di awal tahun ini, menelisik penjualan semen pada Januari 2020 lalu sejumlah emiten masih mengalami penurunan penjualan.

Dua emiten semen terbesar di Indonesia, PT Semen Indonesia Group Tbk (SIG) dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) tercatat mengalami penurunan penjualan. Sepanjang Januari 2020, INTP membukukan penjualan semen sebesar 1,33 juta ton. Angka penjualan tersebut secara persentase menunjukkan penurunan sebesar 10% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Januari 2019 lalu.

Tidak jauh berbeda dengan INTP, PT Semen Indonesia Group Tbk (SIG) juga mengalami hal yang sama. Jika dirinci dari sejumlah anak usaha yang tergabung dalam Semen Indonesia Group, semuanya mengalami penurunan penjualan semen pada periode Januari 2020 lalu.

Semen Indonesia pada Januari 2020 tercatat mampu menjual 2,34 juta ton semen atau turun 0,72% secara tahunan. Begitu pula dengan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) yang hanya mampu mencatatkan penjualan sebesar 844.237 ton semen atau secara persentase turun 10,32% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sejumlah analis meyakini pasar semen yang kurang bergairah di awal tahun yaitu pada periode Januari 2020 ini dikarenakan cuaca ekstrem dan curah hujan yang tinggi melanda sejumlah wilayah di tanah air membuat konsumsi semen menjadi menurun.

Sejumlah emiten pun berharap ketika cuaca mulai kembali normal dan memasuki musim kering, penjualan semen dapat kembali mencatatkan kenaikan. Selain itu, industri semen juga tengah menunggu stimulus positif yang mampu mengangkat pasar semen kembali meroket dan stabil.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !