Detail Berita


Waduh Laba Bukit Asam Tergerus 19,24% Tahun Lalu


"PT Bukit Asam Tbk"
Sumber gambar: ptba.co.id


Tanggal terbit: 05-03-2020

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) merupakan salah satu emiten pelat merah yang bergerak di bidang bisnis batubara. PTBA pada tahun lalu nampaknya harus ikut terkena dampak negatif dari gejolak pasar yang melanda komoditas batubara. PTBA pada tahun lalu tercatat mampu merealisasikan laba bersih perusahaan sebesar Rp 4,05 triliun. Angka tersebut menunjukkan penurunan laba bersih jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Secara persentase penurunan laba bersih tersebut mencapai 19,24%.

Padahal, PTBA tercatat mengalami kenaikan penjualan batubara secara persentase hingga 13% year on year atau mencapai 27,8 juta ton. Kenaikan penjualan ini tidak lain dan tidak bukan dari hasil jerih payah PTBA dalam melakukan ekspansi pasar. Dari sektor ekspor, PTBA mampu merambah sejumlah Negara antara lain Jepang, Hongkong, Vietnam, Taiwan, dan Filipina. Lalu, PTBA juga mampu merambah pasar batubara potensial yang baru yaitu di Australia, Thailand, Myanmar, dan Kamboja.

Kenaikan penjualan ini juga diikuti dengan kenaikan pendapatan yang diperoleh oleh PTBA. PTBA tercatat mengalami kenaikan pendapatan year on year secara persentase sebesar 3% atau Rp 21,8 triliun. Namun, kenaikan penjualan dan pendapatan nampaknya belum mampu menaikkan laba bersih PTBA dikarenakan dari sisi harga batubara yang kurang mendukung dan cenderung merongsok turun sepanjang 2019 lalu.

Gejolak harga batubara pada tahun lalu mampu menggerus perolehan laba bersih PTBA. Selain pelemahan harga batubara, PTBA juga mengalami kenaikan beban pokok penjualan, beban administrasi dan beban umum. Kenaikan volume penjualan yang dilakukan PTBA mempengaruhi pula pada kenaikan beban pokok penjualan terkait dengan peningkatan volume angkutan batubara dan kenaikan biaya jasa penambangan.

PTBA sepanjang 2019 lalu juga giat melakukan efisiensi dan pengoptimalan dari segala lini bisnis demi menekan pengeluaran. PTBA pun berharap pada tahun ini harga batubara dapat lebih baik dibandingkan pada tahun lalu. Kendati demikian, efisiensi nampaknya tetap menjadi opsi yang akan dijalankan PTBA pada tahun ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !