Detail Berita


Laba Turun Pada Tahun Lalu, ADARO Tetap Naikkan Produksi Tahun Ini


"PT Adaro Energy Tbk"
Sumber gambar: liputan6.com


Tanggal terbit: 05-03-2020

duniatambang.co.id - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) harus menelan pil pahit dari gejolak pasar batubara pada tahun lalu, ADARO harus mengalami performa kerja yang kurang prima ditandai dengan turunnya pendapatan dan laba bersih ADARO pada tahun lalu. ADARO tercatat mampu membukukan pendapatan US$ 3,46 miliar pada tahun lalu, angka tersebut menunjukkan penurunan pendapatan secara persentase sebesar 4,42% year on year.

Selaras dengan turunnya pendapatan, ADARO juga harus mengalami penurunan laba bersih secara persentase sebesar 3,24% year on year atau menjadi US$ 404,19 juta. sebagai tambahan informasi, sepanjang 2019 EBITDA operasional ADARO tercatat sebesar US$ 1,21 miliar atau ikut mengalami penurunan sebesar 14%. Selain pendapatan dan laba yang tergerus, performa ADARO juga semakin kurang prima ketika harus mengalami kenaikan beban pokok pendapatan yaitu menjadi S$ 2,49 miliar atau naik 3,32% year on year.

Kendati pada tahun lalu ADARO harus mengalami penurunan pendapatan dan laba bersih, ADARO tahun ini cenderung akan tetap menaikkan target produksi. Menaikkan volume produksi batubara merupakan salah satu strategi ADARO menghadapi kondisi pasar batubara yang masih bergejolak. Pada tahun ini, ADARO mematok target produksi sebesar 54 juta ton-58 juta ton batubara. ADARO akan terus mengoptimalkan penjualan batubara baik pada pasar domestik maupun pasar ekspor.

ADARO cenderung memprediksi pasar batubara masih cukup tertekan pada tahun ini. Selain meningkatkan volume produksi, ADARO juga akan tetap melakukan aktivitas pengendalian biaya dan mengoptimalkan kegiatan efisiensi di berbagai lini. Disisi belanja modal, pada tahun ini ADARO menganggarkan belanja modal sebesar US$ 300 juta-US$ 400 juta.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !