Detail Berita


ITMG Pertahankan Profit Ditengah Penurunan Harga Batubara


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 02-03-2020

duniatambang.co.id - PT. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) terus melakukan strategi terbaik untuk pertahankan profit dengan keadaan harga batubara yang memiliki tren turun hingga saat ini.

ITMG telah menyiapkan beberapa skenario untuk menghadapi dampak negatif dari penurunan harga batubara dengan optimalisasi pit tambang dan meninjau kembali rencana penambangan yang sudah ada. Selain itu optimalisasi penurunan biaya produksi juga dilakukan dengan beberapa cara di antaranya mengurangi jarak volume overburden removal (OB).

Menurut analis Danareksa Sekuritas Stefanus Darmagiri mengatakan, ITMG kemungkinan membukukan volume produksi batubara sebanyak 23,5 juta ton tahun ini atau hampir sama dengan tahun 2019 yang membukukan volume produksi sebesar 23,4 juta ton.

“Dengan tren harga batubara yang cenderung turun, ITMG diperkirakan tetap mempertahankan laba bersih, dan penurunan laba bersih diprediksi hanya turun sedikit,” ungkap Stefanus. Hal ini terlihat dari inisiatif yang dilakukan perusahaan untuk menekan stripping ratio menjadi 10-10,5 kali dibandingkan tahun lalu sekitar 10,9 kali.

Danareksa Sekuritas memprediksi laba bersih ITMG hanya turun tipis ke angka US$ 122 juta tahun ini dibandingkan tahun lalu yaitu US$ 129 juta.

Selain mempertahankan profitnya, ITMG merupakan satu dari emiten batubara yang sangat baik dalam membagikan dividen bagi para pemegang saham. Tercatat hingga semester I-2019, perseroan telah mendistribusikan dividen interim sebesar  78% dari raihan laba bersih hingga semester I-2019.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !