Detail Berita


Asal Muasal Terbentuk Batubara


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 27-02-2020

duniatambang.co.id – Batubara merupakan sumber daya alam yang melimpah di negeri ini. Secara umum, batubara terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang mengalami pengendapan pada tekanan dan suhu yang tinggi selama jutaan tahun.

Berdasarkan terjadinya batubara, ada dua teori yang menggambarkan pembentukan batubara yaitu sebagai berikut:

1. Teori Insitu

Berdasarkan teori ini, batubara terbentuk dari tumbuhan yang berasal dari hutan yang merupakan tempat batubara tersebut terbentuk. Batubara yang terbentuk di daerah ini biasanya terjadi di hutan basah dan berawa. Tumbuh-tumbuhan roboh dan mati kemudian tenggelam dalam rawa tersebut kemudian mengendap dan mengalami pembusukan dalam waktu yang lama.

2. Teori Drift

Berbeda dengan teori Insitu, batubara yang terbentuk menurut teori ini adalah batubara dari tumbuhan atau pohon yang bukan berasal dari tempat batubara tersebut terbentuk. Batubara yang terbentuk berdasarkan teori ini telah mengalami perpindahan dan biasanya terbentuk di daerah delta. Adapun ciri-ciri batubaranya itu dengan lapisan tipis, tidak menerus (splitting), dan banyak pengotor.

Sementara proses pembentukan batubara pada umumnya di bagi menjadi dua tahap, yaitu sebagai berikut:

1. Peatification (Tahap Penggambutan)

Pada tahap ini, sisa-sisa tumbuhan mengendap dan tersimpan dalam kondisi bebas oksigen (anaerob). Material tumbuhan ini melepaskan H, N, O dan C dalam bentuk CO2, H2O, dan NH3 menjadi hunus. Bakteri anaerob akan mengubah tumpukan sisa tumbuhan ini menjadi gambut.

2. Coalification (Pembatubaraan)

Pada tahap ini, endapan batubara terus mengalami pembebanan hingga semakin menumpuk dan memadat. Tahap ini merupakan gabungan dari proses biologi, kimia, dan fisika. Pada tahap ini, komposisi karbon akan meningkat, sementara komposisi hidrogen dan oksigen akan berkurang. Melalui proses ini,  batubara akan terbagi menjadi berdasarkan tingkat kematangan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !