Detail Berita


Indika Energy Serius Lakukan Ekspansi Tambang Emas Awak Mas


"Gedung PT Indika Energy Tbk"
Sumber gambar: indikaenergy.co.id


Tanggal terbit: 27-02-2020

duniatambang.co.id - PT Indika Energy Tbk (INDY) sedang serius menggarap ekspansi bisnis tambang emas. INDY melalui anak usahanya PT Indika Mineral Investindo (IMI) bermitra dengan PT Masmindo Dwi Area yang merupakan anak usaha dari Nusantara Resources Ltd bersama-sama menggarap salah satu proyek tambang emas yang bernama Awak Mas di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Tambang emas awak mas ini digadang-gadang akan mampu memproduksi emas sekitar 100.000 ounce emas per tahun dan diproyeksikan dapat beroperasi pada pertengahan 2022 mendatang. INDY melalui kegiatan diversifikasi usaha ini berharap dapat menunjang kinerjanya ditengah bisnis batubara yang masih loyoh. Untuk merealisasikan cita-cita tersebut, INDY melalui anak usahanya PT Indika Mineral Investindo (IMI) terus melakukan ekspansi pada tambang emas awak mas ini, IMI pada Selasa (25/2), melakukan penyertaan modal saham di PT Masmindo Dwi Area sebesar US$ 40 juta.

Penyertaan modal saham tersebut akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama INDY melalui anak usahanya IMI akan melakukan penyertaan modal sebesar 25% saham di Masmindo senilai US$ 15 juta. Jika tahap pertama ini sudah dilakukan maka porsi kepemilikan saham IMI dan Nusantara Resources di Masmindo Dwi Area pada proyek tambang awak mas ini masing-masing sebesar 25% dan 75%. Penyertaan modal saham tahap pertama ini dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Nusantara Resources dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Jika penyertaan modal saham tahap pertama selesai, maka selanjutnya INDY melalui anak usahanya IMI akan melakukan penyertaan modal saham tahap kedua yaitu sebesar 15% atau senilai US$ 25 juta di Masmindo. Jika tahap kedua ini rampung maka porsi kepemilikan saham IMI dan Nusantara Resources di Masmindo Dwi Area pada proyek tambang awak mas ini masing-masing sebesar 40% dan 60%. Namun, penyertaan modal saham tahap kedua ini hanya dapat terlaksana jika disetujui oleh RUPS Nusantara Resources, Kementerian ESDM, dan persetujuan untuk menambang dari Masmindo.

Penyertaan modal saham ini dilakukan INDY melalui anak usahanya IMI dengan tujuan untuk menambah porsi kepemilikan dan merupakan langkah strategis bagi INDY. Hal ini juga merupakan bentuk komitmen INDY dalam melakukan diversifikasi usaha non batubara. INDY semakin memantapkan langkah untuk turut terjun di bisnis tambang emas melalui proyek tambang emas awak mas ini.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !