Detail Berita


Catatan Kinerja Positif PT Bumi Resources Tbk Tahun 2019


"Coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 20-02-2020

duniatambang.co.id - Harga batubara belum menunjukkan tanda-tanda rebound, PT. Bumi Resources Tbk (BUMI) masih menunjukkan kinerja produksi yang positif. BUMI berhasil mencatat pertumbuhan produksi batubara dengan tumbuh sebesar 3,60% dibanding dengan tahun lalu. Angka produksi batubara BUMI tahun 2019 adalah sebesar 86,3 juta ton, sedangkan tahun sebelumnya adalah 83,3 juta ton.

Di tengah gejolak harga batubara yang belum ramah untuk produsen batubara seperti BUMI, emiten memang dipaksa untuk berpikir keras menjaga kinerja produksi dan kinerja keuangan. Dari sisi kinerja operasional, BUMI menerapkan keunggulan operasional tambang agar produksi batubara tetap meningkat.

Seperti diketahui, batubara yang diproduksi oleh BUMI berasal dari dua tambang besar andalannya, yaitu PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT. Arutmin Indonesia. BUMI juga menjajaki peluang batubara dari anak perusahaannya yang lain, Pendopo Energi Batubara agar dapat mensupply ke pembangkit listrik terdekat.

Seperti perusahaan batubara yang lain, BUMI juga melirik proyek-proyek batubara yang selama ini masih menjadi andalan pundi-pundi uangnya. Proyek hilirisasi, serta pendapatan dari tambang non batubara dimaksimalkan oleh emiten.BUMI memiliki tambang emas di Palu Sulawesi, serta tambang seng di Dairi Sumatera. Salah satu proyek hilirisasi yang sedang digalakkan pemerintah adalah gasifikasi batubara.

Meski batubara belum menunjukkan adanya katalis positif, BUMI tetap optimis menatap tahun 2020 dengan mematok angka produksi batubara menjadi 90 juta ton, atau naik 5% dari tahun lalu.

 

Penulis : Suwanjaya

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !