Detail Berita


Khawatir Ekonomi China Redup, Harga Logam Industri Lesu


"Metal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-02-2020

duniatambang.co.id - Harga logam industri memang cenderung lesu dan beberapa kali mencatatkan pelemahan harga. Pelemahan harga logam industri ini salah satunya dikarenakan mewabahnya virus corona di negeri tirai bambu, Cina. Bagaimana tidak, hingga sekarang wabah virus corona kian meningkat tidak hanya di Cina melainkan ke berbagai Negara lainnya yang ada di Dunia. Hal ini menyebabkan sejumlah kekhawatiran pasar terkait adanya perlambatan ekonomi terutama perlambatan ekonomi di Cina.

Hal tersebut berimbas pada terjadinya pelemahan harga terhadap sejumlah logam industri. Sejumlah logam industri sudah tercatat melemah sejak pekan kedua bulan Februari 2020 lalu. Melansir data dari Reuters, Jumat (14/2) pukul 12.45 WIB, harga tembaga kontrak tiga bulanan di London Metal Exchange (LME) melemah 0,1% menjadi US$ 5.786 per ton. Harga aluminium kontrak tiga bulanan di LME secara persentase melemah 0,3% ke level US$ 1.742 per ton. Timah pun secara persentase ikut melemah 0,5% menjadi US$ 1.882 per ton. Nikel secara persentase melemah 0,6% menjadi US$ 13.210 per ton.

Di pekan ketiga Februari 2020, logam industri pun kembali mencatatkan pelemahan harga. Masih melansir dari data Reuters, Selasa (18/2) pukul 11.00 WIB, harga tembaga kontrak tiga bulanan di London Metal Exchange (LME) melemah 0,3% menjadi US$ 5.797 per ton. Harga nikel kontrak tiga bulanan di LME juga melemah 1% menjadi US$ 12.975 per ton. Harga timah turun 0,3% menjadi US$ 1.867,5 per ton. Sedangkan nasib baik menghinggapi aluminium yang berhasil menguat 0,2% menjadi US$ 1.725 per ton

Pelemahan harga ini masih diyakini sejumlah pengamat terkait dengan penyebaran virus corona yang masih menyeruak dengan kasus terinfeksi virus tersebut terus bertambah di berbagai belahan dunia. Hal ini diproyeksikan akan memberikan dampak yang cukup signifikan pada perlambatan ekonomi yang juga berimbas pada permintaan komoditas yang melemah termasuk logam-logam industri sehingga berdampak pada penurunan harga.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !