Detail Berita


Catatan Performa ANTAM Tahun 2019


"Gedung PT Aneka Tambang Tbk"
Sumber gambar: netralnews.com


Tanggal terbit: 19-02-2020

duniatambang.co.id - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) sebagai emiten pelat merah, pada tahun lalu menunjukkan performa kerja yang cukup positif. Produksi dan penjualan komoditas milik ANTAM tercatat mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan. Selain produksi dan pejualan, pada tahun lalu ANTAM juga gencar melakukan sejumlah kegiatan eksplorasi untuk terus menambah pundi-pundi cadangan miliknya.

Sepanjang 2019 lalu, ANTAM memang fokus menjual komoditas mineral seperti emas, feronikel dan nikel serta bauksit. Untuk feronikel, ANTAM pada tahun lalu mencatatkan kenaikan volume produksi unaudited secara persentase sebesar 3% atau sebesar 25.713 TNi dengan volume penjualan unaudited sebesar 26.349 TNi atau secara persentase tumbuh 9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Di sisi lain untuk bijih nikel, ANTAM juga mencatatkan pertumbuhan dengan volume produksi unaudited sebesar 8,70 juta wet metric ton (wmt). Sedangkan untuk volume penjualan unaudited secara persentase tumbuh sebesar 19% atau 7,56 juta wmt.

Komoditas lainnya yang dimiliki ANTAM yaitu Bauksit. Sepanjang tahun 2019 lalu,  volume produksi unaudited bauksit mengalami pertumbuhan cukup signifikan yaitu secara persentase sebesar 57% yoy atau berada diangka 1,73 juta  wmt dengan volume penjualan unaudited tumbuh 80% atau sebesar 1,66 juta wmt. Lalu untuk komoditas emas, ANTAM juga mencatatkan pertumbuhan volume produksi unaudited dan volume penjualan unaudited berturut-turut sebesar 1,96 ton emas dan 34 ton emas.

ANTAM pada tahun lalu juga terus menggenjot aktivitas eksplorasi dengan mengucurkan dana sebesar Rp 114,26 miliar (unaudited). Kegiatan eksplorasi itu dilakukan ANTAM di Pomalaa, Tapunopaka, dan Waylukum, serta melakukan tinjauan ke beberapa daerah prospek. ANTAM sudah melakukan berbagai kegiatan eksplorasi meliputi pemetaan geologi, percontohan core, logging core serta pemboran single tube. Hal ini dilakukan ANTAM agar dapat mendapatkan pundi-pundi cadangan yang baru.

Melihat kinerja tahun lalu, ANTAM cukup optimis menyongsong tahun 2020 ini. Kendati demikian, ANTAM belum dapat menyampaikan terkait target produksi dan penjualan sejumlah komoditas miliknya pada tahun ini. Begitupula dengan rencana eksplorasi yang akan kembali dilakukan ANTAM pada tahun ini, ANTAM belum dapat menjelaskan secara detail.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !