Detail Berita


Wah Produksi Batubara Adaro Tahun Lalu Capai 58,03 Juta Ton


"Gedung PT Adaro Energy Tbk"
Sumber gambar: rebuplika.co.id


Tanggal terbit: 18-02-2020

duniatambang.co.id - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sepanjang 2019 lalu menunjukkan performa kerja yang cukup positif ditengah pasar batubara yang masih terus bergejolak. Adaro pada tahun 2019 lalu mampu memproduksi batubara hingga 58,03 juta ton. Angka ini secara persentase memang meningkat sebesar 7% dibandingkan dengan produksi batubara pada tahun sebelumnya yaitu 2018.

Untuk penjualan batubara, Adaro juga mencatatkan kenaikan secara persentase sebesar 9% yoy atau berada diangka 59,18 juta ton batubara. Sedangkan untuk realisasi pengupasan tanah penutup atau overburden removal, Adaro mengalami penurunan sebesar 1% secara year-on-year (yoy) yaitu berada diangka 272,09 million bank cubic meter (bcm). Produksi batubara Adaro Energy sediri didukung oleh  sejumlah anak usahanya yaitu PT Adaro Indonesia (AI), Balangan Coal Companies dan Adaro MetCoal Companies (AMC).

Pada tahun 2020 ini, Adaro mematok target produksi yang tidak jauh berbeda dengan realisasi produksi batubara pada tahun lalu yaitu sebesar 54 juta ton-58 juta. Untuk market penjualan batubara Adaro memang masih didominasi oleh wilayah Asia Tenggara yang secara persentase menguasi 42% dari penjualan batubara Adaro. Wilayah-wilayah Asia Tenggara tersebut meliputi Vietnam, Malaysia, dan Filipina sejalan dengan meningkatnya penggunaan PLTU di Negara-negara tersebut.

Meskipun kondisi pasar batubara yang masih belum stabil dan banyak dihinggapi oleh sentimen-sentimen negatif yang mampu membuat harga batubara kembali menukik, Adaro tetap optimis kinerjanya masih dapat menunjukkan performa positif. Pada tahun ini, Adaro menargetkan earnings before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA) sebesar US$ 900 juta-US$ 1,2 miliar dengan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) berkisar US$ 300 juta hingga US$ 400 juta.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !