Detail Berita


13 Isu Yang Jadi Fokus RUU Minerba


"Coal Mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 14-02-2020

duniatambang.co.id - Revisi UU minerba atau Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara saat ini memang masih dalam tahap penggarapan. Adapun total isu yang akan dibahas dalam RUU minerba ini yaitu sebanyak 13 isu.

Ketiga belas isu tersebut antara lain, permasalahan antar sektor yang berkaitan dengan jaminan kepastian pemanfaatan ruang dan lahan dan batasan pengolahan dan pemurnian. Kedua, isu yang berkaitan dengan penguatan konsep wilayah pertambangan yang mana bahwa kegiatan penyelidikan dan penelitian bisa dilakukan di semua wilayah hukum pertambangan. Isu ketiga terkait dengan peningkatan nilai nambah atau hilirisasi minerba.

Isu keempat yang tidak kalah pentingnya yaitu terkait dengan penggalakkan kegiatan eksplorasi untuk menemukan pundi-pundi cadangan mineral dan batubara. Selanjutnya, pengaturan khusus tentang izin pengusahaan batuan menjadi isu kelima yang akan ada di RUU minerba. Keenam, terkait dengan luas wilayah perijinan pertambangan, dimana luas minimum Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) eksplorasi dihapus.

Isu ketujuh yang dibahas terkait dengan jangka waktu Izin Usaha Pertambangan (IUP) atau IUP Khusus (IUPK). Ketujuh isu tersebut merupakan usulan dari pemerintah. Lalu, terdapat pula enam isu yang menjadi usulan DPR yaitu terkait dengan mengakomodasi putusan MK dan UU No. 23 tahun 2014. Selanjutnya yaitu terkait dengan penguatan peran pemerintah dalam Binwas kepada Pemda.

Adapun yang menjadi isu kesepuluh yaitu terkait dengan penguatan peran BUMN di sektor minerba. kesebelas yaitu isu yang menjadi penantian panjang bagi pengusaha pada sektor tambang terkait dengan kelanjutan operasi Kontrak Karya (KK) atau Pemegang Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) menjadi IUPK.

Lalu isu selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu terkait dengan izin usaha pertambangan rakyat dan terakhir terkait dengan rencana pengelolaan Minerba nasional. Ketiga belas isu tersebut akan dibahas dalam revisi UU minerba yang dijadwalkan akan rampung pada Agustus 2020 mendatang.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !