Detail Berita


Hilirisasi Batubara, Perusahaan Akan Dibebaskan Pembayaran Royalti


"coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 13-02-2020

duniatambang.co.id - Pemerintah saat ini tengah membahas pengusulan untuk membebaskan royalti pada perusahaan batubara dengan syarat perusahaan harus melakukan kegiatan hilirisasi batubara.

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot mengatakan, “pemerintah saat ini tengah membahas pengusulan dari Menteri Koordinator Perekonomian yaitu Airlangga Hartarto untuk membebaskan pembayaran royalti kepada pemerintah hingga Nol”.

Selain itu, Kementrian ESDM juga saat ini telah dilibatkan untuk melancarkan pengusulan perhitungan komponen operasional perusahaan batubara.

Kegiatan hilirisasi batubara yang dimaksud adalah gasifikasi batubara. Gasifikasi merupakan proses konversi batubara yang  berbentuk padatan menjadi gas yang diproses menggunakan beberapa campuran reaktan. Saat ini perusahaan batubara yang tengah mengembangkan proyek ini adalah PT. Bukit Asam, di mana dalam mengembangkan proyek tersebut, membutuhkan dana yang tidak sedikit.

“Kegiatan pengembangan proyek gasifikasi saat ini dinilai sangat besar, dikarenakan mesin teknologi yang digunakan harus dibeli,” ungkap Bambang.

Dengan melihat pengembangan proyek yang dinilai sangat besar itu diharapkan pemerintah memberikan kelonggaran dalam hal pembebasan royalti untuk perusahaan yang sedang mengembangkan proyek tersebut dan dapat memacu beberapa perusahaan lain untuk segera bisa merencanakan proyek tersebut.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !