Detail Berita


RUU Minerba Masuk Daftar Rancangan Omnibus Law


"hammer trial"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 13-02-2020

duniatambang.co.id - Undang-Undang Minerba dikabarkan akan masuk dalam daftar rancangan undang-undang sapu jagad omnibus law. Revisi UU Minerba yang telah lama dinanti kepastiannya mulai menunjukkan titik cerah.

Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyepakati untuk melanjutkan pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Pembahasan revisi UU Minerba ini akan diberikan kepada Panita Kerja (Panja) yang akan dibentuk terdiri dari 26 anggota perwakilan DPR dan 60 orang dari perwakilan pemerintah.

Perwakilan dari pemerintah tidak hanya dari Kementerian ESDM, tetapi juga ada dari kementerian lain seperti Kementerian Sekretariat Negara, Kemenko Perekonomian, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Keuangan.

Pembahasan revisi UU ini akan dimulai dari pembahasan mengenai Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) yang terdiri dari 703 DIM. Di mana sebanyak 235 dianggap tetap dan disepakati.

UU sapu jagad ini membawa angin segar kepada pelaku usaha batubara generasi pertama yang akan habis kontrak PKP2B dalam lima tahun mendatang. Jaminan perpanjangan kontrak PKP2B melalui Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 dituangkan dalam Pasal 40 Rancangan Undang-Undang Omnibus Law.

Dalam rancangan omnibus law ini mengatur luas wilayah Operasi Produksi yang tak lagi dibatasi oleh pemerintah. Luas wilayah ditentukan berdasarkan rencana kerja yang dilakukan oleh pelaku usaha kepada pemerintah.

Ketentuan ini jelas berbeda dengan ketentuan-ketentuan sebelumnya yang mengatur luas wilayah Operasi Produksi seluas 15 hektare untuk batubara.

Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Sugeng Suparwoto menargetkan revisi UU Minerba selesai paling lambat Agustus 2020.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Wasis

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !