Detail Berita


Simak Rencana TINS, Bangun Pabrik Monasit Hingga Jadi Pemasok Thorium


"PT Timah Tbk"
Sumber gambar: eksplorasi.id


Tanggal terbit: 12-02-2020

duniatambang.co.id - PT Timah Tbk (TINS) saat ini tengah gencar membidik sejumlah rencana bisnis. Rencana bisnis pertama yaitu membidik kerjasama untuk menjadi pemasok thorium dan rencana kedua TINS terkait pembangunan pabrik pengolahan monasit. Untuk rencana pertamanya yaitu menjadi pemasok Thorium, TINS saat ini tengah menjajaki kerjasama dengan Thorcon International Pte Ltd yang saat ini digadang-gadang berencana membangun pembangkit listrik tenaga nuklir thorium.

TINS dan Thorcon International Pte Ltd sudah beberapa kali membuka komunikasi terkait dengan rencana bisnis keduanya. Untuk keperluan pembangkit listrik tenaga Thorium ini, pihak Thorcon International digadang-gadang akan menggelontorkan dana investasi yang ditaksir mencapai US$ 1,2 miliar atau sekitar Rp 17 triliun. Sedangkan TINS nantinya akan bertindak sebagai penyedia bahan baku energi berupa Thorium bagi Thorcon. Pembangkit listrik tenaga thorium ini diproyeksikan berkapasitas 500 MW dan membutuhkan sekitar 200 ton thorium. Belum dapat diketahui kapan target untuk merealisasikan proyek tersebut.

Selain jadi pemasok thorium, TINS sebagai salah satu emiten pelat merah juga berencana untuk membangun proyek pabrik pengolahan monasit. Untuk proyek pabrik monasit ini, TINS sudah menyiapkan lahan dengan luas sekitar 100 hektare (ha) di Tanjung Ular, Bangka Barat. Namun, TINS belum dapat memastikan besaran investasi untuk pembangunan proyek pabrik monasit ini nantinya. Proyek pabrik monasit ini tengah memasuki tahap finalisasi desain dan ditargetkan dapat rampung pada semester I-2020. Lalu, proyek ini dijadwalkan akan memasuki tahap pembangunan pada akhir 2020.

TINS digadang-gadang akan menggandeng perusahaan dari Eropa dan Amerika sebagai mitra dalam mengembangkan proyek pabrik monasit ini. TINS berharap dengan adanya pabrik pengolahan monasit ini, TINS dapat mengolah logam tanah jarang. TINS juga berharap semua rencana bisnisnya ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan tanpa hambatan yang signifikan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !