image

"Ilustrasi Virus Corona"
Sumber gambar: kompas.com

Dunia Tambang / 11 February 2020 / 0 Komentar

TINS 

Waduh Ternyata Corona Juga Pengaruhi Harga Timah, Ini Strategi TINS

duniatambang.co.id - Dunia saat ini memang masih disibukkan dengan penanganan wabah virus corona yang saat ini sudah menyebar ke lebih dari 20 negara. Hal ini juga ternyata berdampak pada harga pada komoditas timah.

Sebagai informasi, harga komoditas timah memang sudah tercatat melemah sejak 2019 lalu. Bahkan,  Melansir data Bloomberg, harga timah kontrak tiga bulanan di London Metal Exchange (LME) sepanjang 2019 lalu secara persentase melemah sebesar 11,81%. Hal ini membuat timah menjadi komoditas logam yang memiliki kinerja terburuk sepanjang 2019.

Di awal tahun 2020 ini, timah masih belum dapat bangkit. Tercatat sejak awal tahun, timah terus tertekan. Sebelumnya timah sempat menyentuh level US$ 17.800 per metrik ton. Namun, pada perdagangan (10/2), timah harus turun ke level US$ 16.275 per metrik ton. Kondisi harga timah yang belum stabil dan cenderung tertekan ini, membuat TINS sebagai salah satu emiten pelat merah yang berkecimpung pada bisnis komoditas timah sedikit berhati-hati untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Direktur Utama Mochtar Riza Pahlevi mengatakan pihaknya akan wait and see gejolak pasar timah saat ini ditambah lagi isu virus corona yang masih mewabah dan diproyeksikan akan sedikit banyak dapat menekan harga timah.

Pada tahun 2019 lalu, realisasi produksi TINS sekitar 65.000 metrik ton hingga 70.000 metrik ton timah. Pada tahun ini, TINS memproyeksikan target produksi hanya naik sekitar 5% dari realisasi produksi tahun lalu. Kendati demikian, selagi melihat pasar, TINS akan terus menggalakkan kegiatan eksplorasi untuk mendapatkan tambahan pundi-pundi cadangan timah.

TINS saat ini tengah fokus melebarkan sayap untuk pengembangan proyek pembangunan fasilitas pengolahan timah yang saat ini sedang dalam proses pengurusan izin lingkungan di Nigeria dan akan menjajaki kerjasama di Tanzania. TINS berharap pada tahun ini, harga timah dapat rebound sehingga kinerja perusahaan dapat kembali meroket.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar