Detail Berita


Ketidakpastian Global, Tiga Logam Mulia Ini Diprediksi Akan Terus Meroket


"Fine Gold"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-02-2020

duniatambang.co.id - Emas sebagai salah satu asset safe havens nampaknya masih akan terus menunjukkan kilaunya. Bagaimana tidak, kinerja komoditas emas sepanjang Januari 2020 menunjukkan performa yang positif bahkan emas mencatatkan pertumbuhan sebesar 3,52% di level US$ 1.587,90 per ons troi.

Angka tersebut semakin mendekatkan emas ke level psikologisnya yaitu US$ 1.600 per ons troi. Meski sejumlah sentimen negatif sempat menghinggapi emas seperti kesepakatan dagang AS-China, nampaknya tidak cukup untuk membuat emas langsung ditinggalkan. Katalis positif justru masih mengikuti emas.

Melansir dari data Bloomberg pada Jumat (7/2), pergerakan harga emas di Commodity Exchange (Comex) secara persentase menguat sebesar 0,22% ke level US$ 1.573,40 per ons troi. Hal ini membuat emas diprediksi masih akan terus menguat. Penguatan harga emas ini diproyeksikan dapat terjadi mengingat ketidakpastian global yang masih berlangsung seperti mewabahnya virus corona yang hingga saat ini sudah terkonfirmasi menyebar hingga ke 20 negara di dunia. Hal ini diprediksi dapat menyebabkan perlambatan ekonomi China hingga dibawah 5%.

Selain itu, tren suku bunga rendah juga masih dipertahankan oleh bank-bank sentral di dunia seperti Bank Sentral AS (The Fed) dan Bank Sentral Eropa (ECB). Penyebab lainnya yang diproyeksikan dapat menggerek emas ke level yang lebih tinggi lagi yaitu sentimen Inggris yang baru saja keluar dari Uni Eropa (UE) atau Brexit. Tren kenaikan harga atau tren bullish ini juga nampaknya diikuti logam mulia lainnya selain emas yaitu platinum dan palladium.

Melansir data dari Bloomberg Jumat (7/2), harga platinum naik 0,40% ke level US$ 967,70 per ons troi. Sedangkan, Palladium secara persentase merosot 1,06% ke level US$ 2.320,60 per ons troi, namun penurunan harga ini masih membuat palladium merajai harga logam mulia. Sejumlah analis cenderung melihat platinum dan palladium akan ikut memasuki tren bullish mengekor kenaikan harga emas. Logam mulia kedepannya memang masih diproyeksikan akan eksis ditengah ketidakpastian global. Sejauh mana ketiganya akan meroket?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !