Detail Berita


Ekspor Batubara Diprediksi Meningkat, Bagaimana dengan Aturan Permendag?


"Tongkang batubara PT Bukit Asam Tbk"
Sumber gambar: ptba.co.id


Tanggal terbit: 10-02-2020

duniatambang.co.id - Pasca mewabahnya virus corona yang terjadi di China belakangan ini memberikan dampak yang signifikan terutama pada industri batubara. Salah satunya yaitu terganggunya produksi batubara sehingga membuka peluang negara lain untuk meningkatkan kegiatan ekspor batubara.

Direktur Esekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia, Minggu (9/2) menyebutkan “penurunan produksi batubara di China dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, pembatasan perpindahan pekerja yang tidak bisa kembali bekerja dan terganggunya transportasi batubara domestik menyebabkan stok di ports terus menurun beberapa hari terakhir”. Akibatnya, ekspor batubara di beberapa negara termasuk Indonesia diprediksi akan meningkat dan berpotensi mendorong kenaikan harga batubara.

Kendati demikian, peluang meningkatnya ekspor batubara berpotensi mengalami hambatan. Berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam PERMENDAG Nomor 80 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas PERMENDAG Nomor 82 Tahun 2017, mengenai Ketentuan Penggunaan Angkutan Laut dan Asuransi Nasional untuk Ekspor dan Impor Barang Tertentu. Ketentuan tersebut yang mulai ekfektif diberlakukan pada tanggal 1 Mei 2020 akan mengatur penggunaan kapal nasional untuk ekspor batubara. Hendra sebagai Direktur Eksekutif APBI telah melayangkan surat secara resmi kepada pemerintah untuk mengkaji ulang peraturan tersebut.

“Beberapa negara yang saat ini tergantung kepada ekspor batubara dari Indonesia menyayangkan regulasi tersebut. Saat ini Australia dan Rusia telah mengambil sikap untuk mengimpor batubara dari negara lain dikarenakan ketidakpastian mengenai peraturan penggunaan kapal nasional tersebut yang akan berdampak kepada kebutuhan pembangkit dan industri mereka” kata Hendra.

 

Penulis : R. Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !