Detail Berita


Produksi Tahun 2019 turun, SMRU Kejar Target Produksi Tahun 2020


"PT SMR Utama"
Sumber gambar: smrutama.com


Tanggal terbit: 10-02-2020

duniatambang.co.id - PT SMR utama merupakan perusahaan emiten batubara yang memiliki anak perusahaan PT Ricobana Abadi mengalami penurunan angka produksi tahun 2019. Emiten kontraktor tambang ini berhasil meraih angka produksi pengupasan overburden removal (OB) sebesar 27,3 juta bank cubic meter (BCM). Angka ini turun sebesar 17,27% dibanding tahun 2018 yang mencapai angka kupasan OB sebesar 33 juta BCM.

Produksi OB dari PT SMR utama tahun 2019 juga tidak mencapai angka yang ditargetkan sebesar 30 juta BCM. Berbeda dengan angka pencapaian OB, produksi batubara (coal getting) dari emiten ini justru mengalami kenaikan dengan meraih angka 3,3 juta ton batubara. Sementara di tahun 2018, pencapaian coal getting PT. SMR utama di angka 2,8 juta ton batubara.

Jika dilihat dari menurunnya angka produksi OB di tahun 2019, hal ini diakibatkan dari keterlambatan pengerjaan proyek milik PT Berau Coal di area Sambarata, Kalimantan Timur. PT SMR Utama diketahui mendapatkan kontrak dengan PT. Berau Coal untuk melakukan aktivitas penambangan di bulan Agustus 2019.

Untuk menghadapi tahun 2020, PT. SMR utama mencanangkan meraih target produksi OB sebesar 34 juta BCM. Sedangkan angka produksi batubara diharapkan dapat meraih 3,3 juta ton yang diangkut. Angka ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

Untuk meraih angka produksi yang sudah dicanangkan, PT. SMR utama merencanakan belanja modal atau capital expendIture (capex) sebesar Rp 230 miliar. Dana capex tersebut direncanakan untuk peremajaan alat berat operasional tambang.

Dari sisi operasional, PT. SMR utama akan terus mempertahankan produktivitas meskipun musim hujan dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan operasional tambang. Sedangkan kinerja operasional dapat lebih dioptimalkan ketika memasuki musim kemarau.

 

Penulis : Suwanjaya

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !