Detail Berita


ESDM Janjikan Beleid EBT Rampung Semester I 2020, Pengusaha Sambut Positif


"Ilustrasi Palu Sidang"
Sumber gambar: hammerco.net


Tanggal terbit: 07-02-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah serius menggarap beleid terkait tarif listrik Energi Baru Terbarukan (EBT). Beleid tersebut nantinya akan berbentuk Peraturan Presiden (Perpres). Pemerintah yang dalam hal ini ESDM menjanjikan jika beleid tersebut akan rampung pada semester I 2020.

Seperti yang diketahui, pemerintah memang tengah menggiatkan pengembangan pembangkit listrik EBT dengan alasan untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan sebagai bentuk komitmen kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi emisi karbon dari penggunaan energi non-EBT. Guna merealisasikan keinginan tersebut, pemerintah terus membuat skema untuk dapat menumbuhkan iklim investasi pengembangan EBT agar memiliki daya tarik bagi investor.

Melalui beleid dalam bentuk Perpres tarif listrik EBT ini pemerintah rencananya akan mengatur besaran tarif listrik EBT tersebut dengan menyesuaikan dengan biaya produksi masing-masing EBT agar nantinya proyek EBT ini memiliki keekonomian yang lebih baik. Sejumlah pengusaha menyambut positif rencana penerbitan perpres EBT yang dijanjikan akan rampung pada semester I 2020 ini.

Wakil Direktur Utama Terregra Asia Energy Lasman Citra, menyambut positif rencana pemerintah ini jika tarif yang ada dalam beleid tersebut menarik dengan proyeksi break event point (BEP) akan berlangsung lebih cepat dan resiko merugi lebih kecil diyakini dapat menarik investor. Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa yang mengatakan bahwa jika nantinya tarif yang ditawarkan pemeritah dan resiko merugi lebih kecil diyakini akan membuat iklim investasi EBT lebih bergairah.

PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY) sebagai salah satu pengusaha EBT pun berharap dengan adanya beleid tersebut dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan EBT di Indonesia. Pengusaha EBT kini sedang menunggu hadirnya beleid tersebut dan berharap tarif EBT yang terdapat dalam beleid tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !