Detail Berita


Sejumlah Stimulus Angkat Harga Batubara Acuan Februari 2020


"coal"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 05-02-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru-baru ini menetapkan Harga Batubara Acuan (HBA) untuk bulan Februari 2020 sebesar US$ 66,89 per ton. HBA Februari 2020 ini menunjukkan kenaikan tipis secara persentase sebesar 1,45% dibandingkan pada bulan Januari 2020 lalu yang berada dilevel US$ 65,93 per ton.  

Kenaikan HBA pada bulan Februari 2020 diproyeksikan dipengaruhi oleh sejumlah stimulus terutama kondisi global yang sedang terjadi saat ini. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan stimulus yang mengangkat HBA Februari tersebut terkait pasokan batubara global yang berkurang akibat sejumlah peristiwa seperti berkurangnya pasokan batubara dari tambang China dan Australia.

Pasokan batubara dari tambang China memang diproyeksikan akan berkurang dikarenakan sejumlah faktor antara lain libur Tahun Baru Imlek yang juga dibarengi dengan mewabahnya virus corona di Wuhan, China. Selain itu, pasokan batubara dari Australia sebagai negara eksportir batubara juga terganggu akibat peristiwa kebakaran hutan atau bush fire yang dahsyat melanda negeri kangguru tersebut beberapa waktu yang lalu.

Kendati demikian, kenaikan HBA untuk bulan Februari ini belum dapat dikatakan sebagai sinyal batubara untuk rebound. Batubara masih harus menunggu sejumlah katalis positif yang fundamental untuk dapat bangkit dan stabil. Sebagai tambahan informasi, sepanjang 2019 lalu rata-rata HBA anjlok dibandingkan dnegan tahun sebelumnya bahkan menjadi yang terendah dalam dua tahun terakhir. Rata-rata HBA dari Januari-Desember 2019 hanya mencapai US$ 77,89 per ton.

Untuk tahun 2020 ini, batubara juga masih diprediksi rentan koreksi dan tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yaitu tahun 2019. Pengusaha batubara pun masih harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi pasar batubara yang bergejolak.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !