Detail Berita


Demi Galakkan Gasifikasi, Ini Sejumlah Strategi ESDM


"Gedung Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)"
Sumber gambar: metro.sindonews.com


Tanggal terbit: 31-01-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di bawah pimpinan Arifin Tasrif tengah menggodok sejumlah strategi yang dapat menggalakkan pengembangan proyek gasifikasi sebagai upaya hilirisasi pada komoditas batubara.

Seperti yang diketahui, pengembangan proyek gasifikasi ini memang masih cenderung minim di Indonesia dengan berbagai alasan seperti iklim investasi yang kurang subur, pertimbangan teknis dan nilai keekonomian proyek yang masih harus terus dikaji mengingat proyek gasifikasi membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Terlebih ditengah gejolak pasar batubara yang cukup mempengaruhi kinerja sejumlah emiten batubara.

Menteri ESDM pun tidak tinggal diam dan menyiapkan sejumlah strategi yang akan diambil demi masa depan gasifikasi di Indonesia. Strategi ini bertujuan untuk menambah nilai keekonomian dari proyek gasifikasi sehingga nantinya dapat menumbuhkan iklim investasi.

Sejumlah strategi tersebut meliputi rencana penetapan harga batubara untuk gasifikasi yang diperkirakan sebesar US$ 20 hingga US$ 21 per ton. Untuk implementasi dari rencana tersebut memang hanya bersifat business to business, tidak dipayungi regulasi khusus seperti Peraturan Menteri. Kendati demikian, Arifin menegaskan pihaknya yang dalam hal ini ESDM akan mendorong perusahaan batubara agar mencapai kesepakatan tersebut.

Selain penetapan tarif, ESDM juga tengah menggodok rencana pemberian insentif yang diproyeksikan berupa pengurangan royalti dan keringanan pajak. Untuk implementasi program ini belum dapat dijabarkan secara mendetail untuk saat ini karena masih dalam tahap kajian.

Pemerintah memang bercita-cita untuk dapat mengurangi nilai impor gas Indonesia hingga sekitar US$ 1 miliar per tahun melalui hilirisasi batubara dengan gasifikasi ini. Untuk itu, pemerintah yang dalam hal ini ESDM berharap sejumlah strategi yang saat ini sedang digodok dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan proyek gasifikasi agar proyek ini bukan hanya menjadi angan-angan semata melainkan dapat direalisasikan menjadi kenyataan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !