Detail Berita


Proyeksi Produksi Batubara Indo Tambangraya Megah Menurun Tahun Ini


"Ilustrasi PT Indo Tambangraya Megah Tbk"
Sumber gambar: market.bisnis.com


Tanggal terbit: 30-01-2020

duniatambang.co.id - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) merupakan emiten yang bergerak dalam bisnis batubara. Pada tahun 2020 ini ITMG memang belum mematok besaran target yang ingin diraih, namun pihak ITMG memproyeksikan target produksi batubara pada tahun ini akan lebih rendah dibandingkan dengan produksi batubara pada tahun 2019 lalu. ITMG memilih target lebih rendah dikarenakan pasar batubara yang masih dibayangi kemungkinan oversupply.

Sebagai informasi, pada tahun 2019 lalu ITMG mematok target produksi sebesar 23,6 juta ton batubara dengan penjualan 26,5 juta ton. Pada tahun 2019, ITMG hingga kuartal III, membukukan penurunan pendapatan secara persentase sebesar 7,8% menjadi US$ 1,3 miliar. Laba ITMG juga ikut tergerus sebesar 49,23% menjadi US$ 101,22 juta.

Dengan mempertimbangkan kondisi pasar batubara saat ini dan bayangan oversupply, ITMG memilih untuk mematok target produksi lebih rendah. Sejalan dengan target produksi yang turun, anggaran belanja modal atau (capital expenditure/capex) ITMG pada tahun ini juga diproyeksikan akan lebih kecil dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019, belanja modal ITMG diserap untuk berbagai keperluan seperti perluasan pelabuhan, perawatan peralatan dan perlengkapan mesin. Sedangkan pada tahun ini, belanja modal diperkirakan akan digunakan untuk peralatan dan perlengkapan mesin.

Untuk market batubara sendiri pada tahun ini selain untuk memenuhi kuota DMO, ITMG masih akan mengandalkan ekspor. Sebagai informasi, berkaca pada tahun 2019 lalu, Negara tujuan untuk kegiatan ekspor batubara ITMG yaitu India, Pakistan, Taiwan, China, Hongkong, dan Korea. Untuk pasar ekspor memang masih cenderung stabil bagi ITMG dikarenakan beberapa Negara sudah menjadi pelanggan premium ITMG. Oleh sebab itu, ITMG akan terus mempertahankan pelanggan sembari terus mencari pangsa pasar baru seperti Vietnam, Bangladesh, dan Myanmar.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !