Detail Berita


Lima PLTU Penampung Batubara Terbesar di Indonesia


"PLTU Paiton"
Sumber gambar: ekonomis.bisnis.com


Tanggal terbit: 30-01-2020

duniatambang.co.id - Listrik merupakan kebutuhan utama untuk kehidupan sehari-hari. Listrik dihasilkan dari proses yang panjang mulai dari penggalian batubara sebagai bahan bakar hingga diproduksi di PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap).

PLTU merupakan pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik. Uap ini berasal dari pembakaran batubara. Indonesia tengah menggarap megaproyek 35000 MW dengan memiliki PLTU raksasa yang memasok listrik ke wilayah-wilayah Indonesia.

Adapun lima PLTU raksasa yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. PLTU Paiton

PLTU Paiton (Sumber: economy.okezone.com)

PT Paiton Energy adalah Independent Power Producer (IPP) terbesar di Indonesia. PLTU Paiton  mengoperasikan tiga pembangkit listrik berbahan bakar batubara di Kompleks Paiton Power di Jawa Timur dan menyumbang 2.045 MW kepada PLN. Paiton Enery menghasilkan 13.500 Gwh listrik per tahun yang diperkirakan menyumbang 10% kebutuhan listrik tahunan di Pulau Jawa.

2. PLTU Suralaya

PLTU Suralaya (Sumber: republika.co.id)

PLTU Suralaya terletak di ujung barat Pulau Jawa, Provinsi Banten yang mengelola 7 unit PLTU. Kapasitas yang terpasang sebesar 3400 MW. PLTU Suralaya ini dimiliki oleh PT Indonesia Power dengan luas lahan 240,65 hektar. PLTU ini menyumbang kebutuhan listrik untuk Jawa-Madura-Bali.

3. PLTU Cirebon

PLTU Cirebon (Sumber: cnnindoneisa.com

PLTU Cirebon di bawah naungan PT Cirebon Electric Power. PLTU Cirebon mengembangkan dua unit PLTU yaitu PLTU Cirebon 1 berkapasitas 660 MW yang telah beroperasi komersial sejak 2012 dan PLTU Cirebon 2 berkapasitas 1.000 MW yang telah mencapai progres pembangunan 61% dari target.

4. PLTU Batang

PLTU Batang (Sumber: market.bisnis.com

PLTU Batang termasuk salah satu PLTU terbesar di Asia Tenggara. Proyek PLTU Batang dibangun di Kabupaten Batang Jawa Tengah dengan kapasitas 2x1000 MW. PLTU Batang mulai dibangun tahun 2015 dan ditargetkan dapat rampung pada tahun ini. Tujuan pembangunan PLTU ini untuk menambah suplai listrik di wilayah Jawa-Bali sebesar 5,7%.

5. PLTU Karawang

PLTU Karawang (Sumber: karawangplus.com)

PLTU Karawang berlokasi di Cimalaya, Karawang berkapasitas 1.760 MW yang akan mampu menerangi 4 juta rumah. Proyek PLTU ini melibatkan 20 perusahaan nasional dan internasional. Pembangunan PLTU ini akan memberikan dampak besar bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar daerah Karawang.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !