Detail Berita


Batubara Bergerak Volatile, Indika Energy Bidik Target Produksi 30,95 Juta Ton


"Lambang perusahaan PT Indika Energy Tbk"
Sumber gambar: katadata.co.id


Tanggal terbit: 27-01-2020

duniatambang.co.id - PT Indika Energy Tbk sebagai emiten yang bergerak pada komoditas batubara terus menjaga kinerja perusahaan agar tetap bisa membukukan kinerja positif ditengah gejolak yang masih menghinggapi pasar batubara. INDY pada tahun 2020 ini memilih mematok target lebih rendah dibandingkan capaian produksi batubara pada tahun lalu.

Pada tahun lalu realisasi produksi batubara INDY berkisar pada angka 34 juta ton. Namun, pada tahun ini target produksi batubara yang dipatok INDY yaitu sebesar 30,95 juta ton. Untuk merealisasikan target produksi tersebut, PT Kideco Jaya Agung yang memiliki lokasi tambang di Kalimantan Timur sebagai anak usaha INDY diproyeksikan akan menyumbang sebesar 29,65 juta ton batubara dari target produksi. Sedangkan untuk sisanya, akan disumbang oleh anak usaha INDY lainnya yaitu PT Multi Tambangjaya Utama yang beroperasi di Kalimantan Tengah yang diproyeksikan dapat memproduksi sebesar 1,3 juta ton batubara.

Untuk kegiatan belanja modal atau capital expenditure (capex) INDY pada tahun ini diproyeksikan sebesar US$ 146 juta, nilai ini memang jauh lebih rendah dibandingkan capex pada tahun lalu. Dana capex pada tahun ini diproyeksikan berasal dari kas internal dan pinjaman bank. Capex tersebut rencananya akan dialokasikan untuk keperluan kegiatan usaha anak perusahaan INDY salah satunya PT Petrosea, untuk keperluan pengembangan bisnis batubara, dan pembangunan fuel storage di Kariangau, Kalimantan Timur.

INDY pada tahun ini juga masih mengencangkan sabuk untuk kegiatan efisiensi perusahaan di tengah pergerakan batubara yang masih volatile. INDY akan mengoptimalkan produktivitas, pengendalian biaya, dan stabilisasi operasi. INDY cukup optimis untuk menyongsong tahun 2020 meski harga batubara dibayangi masih sulit untuk rebound.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !